8 Cara Agar Disayang Calon Mertua

By | Category: Hubungan
Ngobrol dengan calon mertua

Ada kalanya memiliki hubungan percintaan dengan kekasih tidak hanya interaksi antara dua orang saja, tapi juga menjalin hubungan baik dengan keluarga pasangan.

Terlebih lagi di negara kita, seseorang yang hendak menikah akan lebih baik untuk saling mengenal lebih jauh kerabat calon suami atau  istri, terlebih calon mertua. Mengenal keluarga pasangan lebih dekat secara tidak langsung akan berimbas pula di dalam keharmonisan hubungan.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengambil hati camer, tidak sekedar memberi makanan yang mereka sukai saja lho! Demi hubungan yang menyenangkan, yuk kenali beberapa cara agar disayang calon mertua berikut ini.

1. Murah senyum

Senyum adalah gerbang dalam memulai pendekatan dengan seseorang. Senyum dapat menambah energi positif seseorang yang melakukannya dan menyebarkan energi positif tersebut ke orang di sekitarnya.

Dengan tersenyum berarti calon mertua akan menilai Anda sebagai pribadi yang ramah dan baik. Tapi ingat, jangan terlalu banyak tersenyum ya, nanti dikira ada sesuatu yang salah pada Anda.

2. Ramah tapi tidak sok akrab

Selain senyuman, bersikap ramah adalah dengan menganggap mereka seperti keluarga sendiri agar suasana semakin hangat dan bersahabat. Anda dapat sesekali memberi pujian yang jujur dan sesuai kenyataan agar membuat mereka menjadi lebih senang terhadap Anda.

Namun perlu diingat, selalu jaga sikap dengan tidak sok kenal atau sok akrab agar mereka tidak merasa terganggu dan tidak nyaman dengan Anda.

3. Tetap sopan

Langkah selanjutnya agar makin disayang calon mertua adalah menjaga sikap yang sopan. Usahakan agar Anda selalu menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda. Bersikap sewajarnya saja dan tidak perlu genit atau centil.

Tak hanya perbuatan, kesopanan juga ditunjukkan oleh penampilan. Gunakan pakaian yang bagus, rapi, bersih dan terutama sopan. Sesuaikan penampilan dengan acara yang akan didatangi.

Untuk wanita, tentu harus menjaga batasan-batasan kesopanan dalam berpenampilan, jangan terlalu seksi dan terbuka dalam memilih baju.

4. Ajak ngobrol calon mertua

Selain sebagai langkah untuk saling mengenal satu sama lain, mengobrol dengan calon mertua juga dapat membuat rasa sayang dan respect mereka pada Anda menjadi meningkat. Ajak obrol camer dengan topik yang mereka senangi, santai namun tetap positif.

Hindari berbicara dengan menonjolkan kelebihan Anda agar tidak membuat Anda terlihat sombong. Selain itu jangan juga membicarakan kejelekan pasangan atau orang lain.

Perlu diingat bahwa mengajak bicara camer tidak melulu Anda yang harus kebanyakan bicara. Ada kalanya Anda menjadi pendengar yang baik, mendengarkan cerita mereka. Pembicaraan dua arah yang baik adalah dengan tidak ada salah satu yang mendominasi topik pembicaraan.

5. Rajin

Memiliki menantu yang rajin adalah dambaan dari tiap calon mertua. Oleh karena itu ada baiknya Anda menjadi sosok yang disiplin dan rajin dalam melaksanankan sesuatu.

Untuk wanita, Anda akan mendapat nilai plus jika bisa memasak sendiri dan membereskan urusan penataan dan pembersihan rumah. Pun ketika bertamu dan makan bersama, membantu membawakan gelas dan piring kotor bekas jamuan ke dapur pun merupakan hal yang sudah sangat membantu.

Untuk pria, bisa menggunakan tenaga dengan membantu membawa barang yang berat atau menjadi sopir jika berpergian dengan keluarga pasangan.

6. Cepat tanggap

Agar lebih disayang calon mertua menjadi pribadi yang cepat tanggap dapat menambah poin lebih pada diri Anda. Tidak perlu hingga camer meminta bantuan, Anda dapat lebih dulu menawarkan bantuan kepada mereka.

Selain itu cari tahu juga apa yang disenangi camer, baik makanan atau hobi. Jadi selain menambah topik obrolan, Anda juga tidak salah membeli buah tangan ketika berkunjung menemui mereka.

Baca juga: 7 Cara Mendekati Calon Mertua yang Tidak Setuju

7. Pahami tradisi keluarga pasangan

Meskipun bukan suatu keharusan, memahami kebiasaan, tradisi atau adat istiadat pasangan dapat menambah rasa hormat calon mertua dan keluarga kekasih terhadap Anda.

Terlebih jika Anda dan pasangan berasal dari latar belakang suku atau negara yang berbeda. Anda juga dapat meminta pasangan untuk mengajari tradisi tersebut selama itu tidak bertentangan dengan apa yang Anda berdua yakini.

8. Jadilah diri sendiri

Apapun yang akan Anda lakukan untuk mengambil hati calon mertua harus selalu didasari dengan tetap menjadi diri sendiri. Jangan pernah berpuar-pura menjadi orang lain yang bukan pribadi Anda.

Ingat, hubungan Anda dengan pasangan akan berlangsung seumur hidup, tentu Anda tidak ingin merasa lelah dengan menjadi orang lain ketika menghadapi keluarga pasangan bukan?

Dengan tulus ikhlas dan menjadi diri sendiri maka akan membuat orang lain mampu menerima Anda apa adanya, meskipun tidak semua orang menerima dengan waktu yang sama. Ada yang cepat dan ada yang lama sehingga Anda butuh waktu dan usaha ekstra. Sehingga yang terpenting adalah sabar dan konsisten menjadi diri sendiri.

Itulah 8 langkah yang dapat Anda tempuh untuk lebih disayang calon mertua. Tapi yang perlu diingat adalah lakukan dengan tulus dan ikhlas dari hati, bukan hanya langkah awal agar Anda mudah mendapat restu dari mereka.

Karena apa yang dilakukan dari hati akan juga sampai di hati. Kalau bisa lakukan terus secara kontinyu setelah pernikahan ya. Selamat mencoba!

Artikel Terkait: