8 Cara Bersikap Tenang dalam Menghadapi Masalah

Ilustrasi cara bersikap tenang

Bersikap tenang ketika menghadapi masalah yang menghadang memang tidak mudah dilakukan. Tentu saja tenang berbeda dengan karakter pendiam.

Yang saya maksud tenang di sini adalah Anda mampu mengendalikan situasi dan kondisi tanpa perlu melibatkan emosi. Dengan kata lain, tenang tidak hanya melalui ucapan saja, tetapi bisa juga melalui bahasa tubuh.

Ketika Anda menghadapi gangguan dengan kemampuan untuk tetap tenang, maka tentu banyak manfaat yang bisa didapat. Beberapa di antaranya adalah bisa lebih berkonsentrasi, pikiran Anda menjadi lebih terarah, dan juga baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Lalu bagaimana caranya agar bisa bersikap seperti itu? Berikut ini beberapa cara bersikap tenang dalam menghadapi masalah yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Berpikir positif

Masalah memang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan. Jika Anda menghadapi masalah maka itu adalah bukti bahwa Anda masih punya cita-cita atau tujuan dan memang sedang memperjuangkannya.

Adanya gangguan tentu membuat seorang manusia akan menjadi lebih pesimis dan putus asa. Maka dari itu buang semua pikiran negatif. Buang semua ketakutan yang belum tentu terjadi dan serap keoptimisan yang ada.

Setiap masalah pasti memiliki jalan keluar. Jangan biarkan pikiran buruk berkembang. Fokuslah pada usaha untuk menyelesaikan masalah, bukan pada pikiran jika masalah tersebut berkembang.

Jika Anda mampu untuk bersikap optimis di setiap krisis, maka Anda sudah menguasai tips pertama cara bersikap tenang ini. Plus, Anda berada di jalan yang benar untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca juga: 7 Cara Mendekati Calon Mertua yang Tidak Setuju

2. Beri diri Anda sendiri waktu

Bersikap tenang dalam menghadapi masalah selanjutnya adalah beri diri Anda sendiri waktu. Waktu dapat membuat kita lebih berpikir jernih, berpikir apa konsekuensi jika terbawa emosi dan membuat kita lebih bisa bersikap bijaksana. 

Caranya, Anda bisa menghitung tarikan napas, pejamkan mata dan rasakan udara yang mengalir di sekitar anda. Hal ini perlu dilakukan agar Anda dapat berkonsentrasi terhadap diri sendiri daripada berkonsentrasi dengan ketakutan yang belum terjadi.

3. Jagalah nada suara Anda

Ketika Anda menghadapi sebuah masalah dan Anda ingin mengutarakan apa yang ada dalam pikiran Anda, maka bicaralah dengan nada yang terkendali. Hindari menaikkan nada suara. Karena hal tersebut dapat memicu emosi Anda untuk semakin menanjak tidak terkendali.

Jika Anda kesulitan, tariklah napas dan hembuskan perlahan. Pejamkan mata bila perlu agar menambah fokus Anda.

Jika lawan bicara Anda misalnya menggunakan nada yang tinggi ketika berargumen, maka sebaiknya Anda jangan ikut-ikutan. Bicaralah dengan lebih terkendali, karena jika ketenangan menguasai tubuh Anda maka solusi terbaikpun akan datang dengan sendirinya. Selain itu, Anda juga akan tampak lebih bijaksana.

4. Menghentikan sejenak kegiatan yang Anda lakukan

Salah satu cara bersikap tenang ketika menghadapi masalah yang tidak kalah penting adalah menghentikan sejenak kegiatan yang baru saja Anda lakukan. Masalah tentu akan membuyarkan konsentrasi Anda sehingga Anda gagal fokus.

Jika Anda terus memaksakan diri untuk melakukan pekerjaan, bisa jadi yang Anda kerjakan salah dan hanya akan membuang waktu sia-sia. Anda juga akan tambah tertekan. Bijaknya, pause dulu kegiatan Anda. Tarik napas dalam-dalam. Rilekskan tubuh dan tanpa Anda sadari ketenangan itu akan datang.

5. Berjalan kaki

Berjalan kaki juga merupakan cara yang ampuh untuk menenangkan pikiran. Anda bisa mencari tempat yang sejuk dan rindang. Tidak usah pergi terlalu jauh, berjalanlah ke taman di sekitar kantor atau rumah.

Lakukan juga sedikit peregangan agar tubuh menjadi rileks. Melihat pemandangan yang hijau juga dapat merefresh kembali pikiran Anda sehingga lebih fokus dan jernih. Mood Anda pun akan semakin baik.

6. Mendengarkan musik

Ketika Anda dilanda masalah, maka Anda butuh yang namanya short and little escape untuk menenangkan pikiran. Pasalnya, menenangkan hati merupakan faktor penting dalam menghadapi masalah apa pun.

Jika keadaan tidak memungkinkan untuk pergi, maka Anda bisa mengambil headset dan memutar lagu kesukaan Anda. Pikiran Anda akan menjadi tenang dan dapat fokus kembali pada pekerjaan yang sedang Anda lakukan.

7. Mengobrol dengan sahabat

Jika Anda tipe orang yang sulit untuk memendam masalah sendiri, maka cara selanjutnya adalah mengobrol dengan sahabat dan keluarga. Utarakan apa yang sedang mengganggu pikiran Anda.

Sahabat dan keluarga adalah orang terdekat yang mengerti bagaimana sifat dan karakter Anda. Sehingga mereka pasti akan membantu untuk mencarikan jalan keluar dari keterpurukan Anda. Bisa jadi sahabat dan keluarga Anda pernah mengalami masalah yang sama seperti Anda, dan solusi untuk masalah Anda pun terpecahkan.

8. Lemaskan tubuh

Salah satu cara bersikap tenang dalam menghadapi masalah selanjutnya adalah lemaskan tubuh. Ketika Anda sedang tertekan maka otot-otot pun akan tegang. Lemaskan tangan, leher dan kaki Anda dengan gerakan-gerakan sederhana.

Anda juga bisa menambah latihan pernapasan. Tarik napas perlahan dan buang perlahan. Lakukan beberapa kali.  Pikiran akan ikut rileks jika tubuh Anda rileks. Lakukan kegiatan ini hingga Anda benar-benar merasakan sensasi ketenangan yang mengalir dalam tubuh Anda.

Demikianlah 8 cara bersikap tenang dalam menghadapi masalah. Selalu ingat, masalah adalah hal wajar dan pasti pernah dirasakan oleh semua orang.

Semua masalah pasti ada jalan keluarnya jika Anda mampu untuk fokus, tenang, dan mengendalikan emosi. Jika Anda mampu melakukan hal tersebut, maka Anda sudah menjadi pribadi yang lebih dewasa. Semoga berhasil!

Artikel Terkait: