8 Cara Membuat Smoothies untuk Diet

By | Category: Kesehatan
Ilustrasi membuat smoothies untuk diet

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan atau melakukan diet. Mulai dari olahraga hingga mengatur pola makan yang sehat.

Salah satu jenis makanan sehat yang populer dikonsumsi oleh orang yang sedang diet adalah smoothies yang tentunya smoothies dengan jenis kandungan lemak dan gula yang rendah.

Selain cocok digunakan sebagai asupan makanan kala diet, smoothies juga dapat membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh Anda. Sehingga smoothies memiliki manfaat untuk membuang racun di dalam tubuh.

Berikut ini adalah delapan cara membuat smoothies untuk diet yang terbuat dari sayur dan buah secara mudah.

1. Breakfast smoothies

Jangan pernah melewatkan sarapan meskipun Anda sedang melakukan program diet. Sarapan dengan smoothies dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan untuk menambah energi sekaligus mengontrol berat badan Anda.

Bahan yang diperlukan antara lain 5 biji almond mentah, 1 apel merah, 1 buah pisang, 214 gr Greek yoghurt tanpa lemak, 120 ml susu tanpa lemak dan ¼ sdt kayu manis. Kemudian potong almond, apel dan pisang lalu blender menjadi satu dengan bahan lain.

Smoothies ini memiliki rasa seperti pie apel dengan sentuhan kayu manis di dalamnya. Pie apel berbentuk cair ini dapat mengenyangkan perut meski hanya mengandung 397 kalori saja.

2. Smoothies untuk sumber energi

Selain almond yang dapat dikonsumsi saat sarapan, pisang ataupun buah jenis berry dapat dijadikan sebagai sumber energi. Untuk mengawali hari dengan simpanan energi yang besar, Anda dapat mencampur buah dan sayur sumber energi untuk smoothies.

Bahan yang diperlukan antara lain adalah pisang, blueberry, nanas, semangka dan bayam. Blender semua bahan tersebut dan dicampur dengan air kelapa.

Sebagai pilihan, Anda dapat mengganti pisang dengan buah apel yang sama-sama berfungsi untuk sumber energi tubuh.

3. Green smoothies

Sayuran yang popular untuk membuat smoothies untuk diet adalah bayam. Bahan pendukung selain 300 gr bayam untuk membuat green smoothies antara lain adalah 1 buah pir, 15 buah anggur hijau, 2 sdm alpukat, 168 gr yoghurt dan 1-2 sdm sari jeruk nipis. Blender semua bahan tersebut dan konsumsi secepatnya.

Green smoothies ini kaya akan kandungan vitamin A, C, K dan juga potasium. Dengan jumlah kalori sebanyak 300 kalori, smoothies ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan mata dan tulang.

Baca juga: 9 Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami

4. Smothies kaya vitamin C

Diet akan menjadi lebih sempurna jika Anda juga menambah konsumsi makanan peningkat kekebalan tubuh. Smoothies yang kaya akan vitamin C dapat menjadi sumber untuk meningkatkan imun atau daya tahan tubuh Anda.

Bahan yang diperlukan adalah 2 buah jeruk, ½ jeruk cantaloupe, 1 cangkir stroberi segar dan 1 buah tomat. Blender bahan tersebut dengan diawali menghancurkan 2 buah jeruk terlebih dahulu.

Tahap terakhir penghalusan bahan tambahkan es batu agar lebih dingin dan segar.

5. Smothies untuk detoksifikasi

Anda juga dapat membuat smoothies untuk diet yang berfungsi ganda sebagai sumber makanan untuk proses detoksifikasi tubuh.

Bahan yang diperlukan untuk membuat smoothies jenis ini antara lain adalah 1 cangkir air kelapa, 1 ruas jahe seukuran ibu jari, 1 cangkir bayam dan 1 sdt kayu manis. Blender seluruh bahan tersebut dan segera konsumsi setelahnya.

Air kelapa merupakan sumber makanan yang baik untuk diet dan detoksifikasi karena kaya akan kandungan antioksidan. Selain itu air kelapa juga merupakan minimal alami yang banyak mengandung elektrolit.

Adapun jahe juga baik untuk detoksifikasi dan kayu manis yang merupakan bahan anti inflamasi alami.

6. Tropical smoothies

Sesuai dengan iklim negara kita yang tropis, tropical smoothies cocok untuk menemani program diet Anda. Bahan yang diperlukan antara lain 75 gr nanas, 75 gr papaya, 1 buah pisang beku, ¼ mentimun yang tidak dikupas kulitnya, 240 ml air kelapa, 75 gr bayam dan 4 buah es batu. Haluskan dengan blender dan segara konsumsi.

Tropical smoothies ini memiliki rasa yang manis sehingga cocok diminum baik di pagi hari atau siang hari saat cuaca panas. Meskipun begitu, smoothies ini hanya memiliki kandungan 245 kalori per porsinya.

7. Hot smothies

Untuk rasa yang berbeda, Anda juga dapat membuat smoothies yang klasik dengna rasa gurih dan pedas. Bahan yang diperlukan antara lain 1 buah mentimun, 5-6 daun kangkung, 2 daun seledri, ½ buah jalapeno, daun ketumbar secukupnya dan 1 sdm biji chia.

Campur bahan tersebut, tambahkan air jeruk nipis dan blender. Mudah kan?

8. Smoothies tinggi serat rendah kalori

Menjadi menu smoothies favorit untuk diet adalah smoothies dari sayur dan buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi dengan kalori yang rendah.

Bahannya antara lain adalah bayam, peterseli, seledri, daun mint, mentimun, wortel, jeruk limau, apel, nanas dan lemon. Blender bahan tersebut dan Anda dapat mengonsumsinya saat sarapan.

Itu tadi adalah cara membuat smoothies untuk diet yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Sebagai catatan, sebelum mengonsumsi smoothies tersebut ada baiknya Anda melakukan program detoksifikasi selama tiga hari.

Selain itu selama diet, jaga juga pola makan yang sehat, gaya hidup sehat serta rajin melakukan olahraga yang diperlukan. Semoga berhasil.

Artikel Terkait: