7 Cara Mendapatkan Uang Tambahan dari Internet untuk Karyawan

By | Category: Finansial
Mencari uang tambahan dari internet

Menjadi seorang karyawan tidak seindah yang dibayangkan orang-orang. Jam kerja yang padat terkadang berbanding terbalik dengan gaji yang diterima. Sering kali banyak karyawan berpikiran untuk berhenti bekerja dan mencari pekerjaan lain.

Jangan terburu-buru mengambil keputusan seperti itu. Salah satu solusi untuk mengatasi gaji yang kecil yaitu dengan bekerja sampingan untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Seiring berkembangnya teknologi, mendapatkan uang tambahan bisa didapatkan hanya melalu internet. Selain itu, bekerja sampingan melalui internet mempunyai waktu yang sangat fleksibel sehingga Anda dapat melakukannya di sela-sela waktu kosong kerja.

Nah, berikut ini beberapa cara mendapatkan uang tambahan dari internet untuk Anda para karyawan.

1. Menjadi freelancer

Menjadi seorang freelancer merupakan solusi yang tepat untuk menambah penghasilan. Saat ini tersedia banyak website yang menyediakan berbagai pekerjaan yang dapat dikerjakan hanya dengan menggunakan komputer dan koneksi internet. Misalnya saja Projects.co.id dan Upwork.com.

Penghasilannya pun cukup menggiurkan dan sangat bervariasi bergantung pekerjaan yang dikerjakan. Seperti web designer, penulis lepas, entry data, dan lain-lain.

Meskipun sangat menggiurkan akan tetapi mendapatkan pekerjaan pada website freelancer cukup sulit dikarenakan banyaknya competitor yang telah mempunyai rating di website tersebut.

Menjadi freelancer merupakan hal yang menyenangkan dan juga dapat meghasilkan uang. Anda tidak perlu repot datang ke tempat, Anda hanya duduk manis di depan komputer dan mengerjakan pekerjaan yang didapatkan.

2. Blogging

Cara mendapatkan uang tambahan yang sangat mudah yaitu dengan mencoba blogging. Jika Anda mempunyai hobi memasak, berdandan ataupun hobi lainnya maka coba buat blog dan tuliskan mengenai hobi Anda.

Meskipun blogging sangat mudah akan tetapi diperlukan kesabaran untuk mendapatkan uang. Soalnya, untuk menghasilkan pundi-pundi diperlukan jumlah traffic yang banyak.

Ketika jumlah traffic cukup banyak biasanya akan ada iklan yang diletakkan pada blog kita. Bahkan mungkin saja aka nada endorse dari produk yang mereka punya untuk dijadikan artikel pada blog kita.

Bagaimana tertarik mencoba blogging ? Pelajari tutorial membuat blog yang ditulis oleh Mas Herman Yudiono (salah satu blogger berpengalaman Indonesia). Di tutorial tersebut Anda akan belajar membuat blog yang bagus untuk menghasilkan uang. Lengkap dengan beberapa video tutorial yang ramah pemula.

3. Dropshipper

Selain blogging, cara lain untuk mendapatkan uang tambahan yaitu dengan mencoba menjadi dropshipper. Dropship merupakan istilah yang digunakan untuk menjual barang tanpa harus mempunyai stok dan melakukan pengiriman barang.

Anda hanya perlu mempunyai supplier yang nantinya akan mengirimkan barang pesanan konsumen Anda. Tak hanya itu, cara menjadi dropshipper sangat mudah, Anda hanya perlu mempromosikan barang yang akan Anda jual melalui social media ataupun marketplace.

Setelah itu jika ada order yang masuk hubungi seller untuk mengirimkan barang pesanan konsumen Anda. Dropship sangat mudah dilakukan dan hanya memutuhkan smartphone dan juga internet untuk melakukannya.

4. Menjadi konsultan marketing

Online marketer atau internet marketer merupakan orang yang bekerja mempromosikan atau memasarkan barang maupun jasa melalu internet. Iklan yang dilakukan dapat secara gratis melalui forum-forum jual beli ataupun blog.

Juga dapat dilakukan secara berbayar melalui facebook ads, google adwords, dll. Skill yang harus dimiliki untuk mejadi seorang online marketer yaitu SEO, copywriter dan graphic design.

Menjadi seorang online marketer memang sedikit sulit akan tetapi banyak sekali orang membutuhkan seorang online marketer. Pekerjaannya pun hanya dikerjakan melalui komputer dan membutuhkan internet.

Bayaran untuk menjadi seorang online marketer cukup menggiurkan cukup untuk dijadikan uang tambahan Anda sebagai seorang karyawan.

5. Vlogging

Jika Anda seseorang yang narsis dan senang membuat video maka coba lakukan vlogging untuk mendapatkan uang tambahan. Saat ini di Indonesia terdapat banyak sekali youtuber.

Bahkan perlu Anda ketahui penghasilan dari youtuber yang ada di Indonesia mempunyai penghasilan ratusan juta. Hanya dengan modal kamera atau smartphone yang mempunyai resolusi kamera yang bagus Anda dapat mencoba vlogging.

Anda dapat menyalurkan hobi dan bakan Anda dengan membuat video yang nantinya di upload di youtube. Misalkan tutorial makeup, tutorial memasak bahkan banyak Anda juga dapat mencoba membuat video prank atau video lucu lainnya untuk dijadikan sumber penghasilan Anda.

Tentunya untuk menjadi seorang youtuber diperlukan kesabaran yang ekstra karena sanga tidak mudah untuk mendapatkan jumlah subscriber dan viewer yang banyak.

Baca juga: 7 Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

6. Menjual jasa secara online

Menawarkan jasa tidak hanya dapat dilakukan dalam dunia nyata. Pasalnya, dengan berkembangnya teknologi membuka peluang usaha yang semakin luas. Anda dapat memulai bisnis sampingan dengan menjual berbagai jasa melalui internet.

Jika Anda mempunyai kemampuan menulis, entry data, web designer dan juga design graphic maka coba untuk menjual jasa melalu internet. Saat ini banyak orang membutuhkan jasa tersebut dan mencarinya melalui berbagai website freelance.

7. Menjadi penulis konten

Menjadi penulis lepas merupakan cara mudah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Banyak sekali lowongan untuk menjadi penulis konten baik itu pada web ataupun forum-forum.

Anda juga dapat mencoba mempromosikan jasa menulis artikel melalui social media seperti halnya grup facebook blogger ataupun pada forum lainnya.

Selain 7 cara di atas jika Anda mempunyai hobi fotografi maka kembangkanlah hobi tersebut menjadi peluang untuk mendapatkan uang tambahan. Pilihlah pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu waktu bekerja Anda.

Selain itu, pilihlah jenis pekerjaan yang mempunyai waktu fleksibel dan dapat dikerjaan di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Terkait: