7 Cara Mendekati Calon Mertua yang Tidak Setuju

By | Category: Hubungan
Ilustrasi mendekati calon mertua

Restu orang tua adalah bagian yang tidak pernah terpisahkan dari suatu pernikahan. Demikian juga dengan restu calon mertua. Namun bagaimana jika calon mertua Anda tidak menyetujui hubungan Anda dengan anaknya? Apa yang harus Anda lakukan?

Santai, Anda tidak harus melakukan kawin lari bahkan sampai bunuh diri. Jika calon mertua tidak menyetujui hubungan Anda, luluhkan saja hatinya.

Meskipun demikian, orangtua tetap memiliki hati dan pikiran yang bisa berubah. Oleh karena itu, tergantung bagaimana Anda memperjuangkannya  dengan serius untuk mendapatkan restu mereka.

Karena terkadang orang tua melarang bukan karena memiliki sikap yang tidak baik, tetapi terkadang orangtua mempunyai standar nilai sendiri terhadap calon suami anaknya. Orangtua yang kaku serta mempunyai ketentuan tertentu untuk pasangan anaknya akan lebih sulit untuk menerima jika Anda tidak sesuai dengan harapan mereka.

Namun Anda tak perlu khawatir. Berikut ini beberapa cara mendekati calon mertua agar mau menerima kehadiran Anda.

1. Jangan Berputus Asa

Meskipun  saat ini calon mertua Anda tidak menyetujui hubungan Anda dengan kekasih Anda, namun tidak perlu berputus asa. Karena bisa jadi Ini adalah cara pertama untuk meluluhkan hati calon mertua Anda  yang tidak menyetujui hubungan Anda.

Karena dengan tidak berputus asa, mungkin ini merupakan bagian dari rancangan utama orang tua kekasih Anda untuk mengukur seberapa besar cinta Anda kepada anaknya.

2. Tetap berusaha, Jangan Menyerah

Cara kedua untuk mendekati calon mertua yang tidak menyetujui hubungan Anda adalah dengan tetap berusaha dan pantang menyerah. Meskipun calon mertua tetap bersikeras untuk menjauhkan anaknya dari Anda, tidak usah patah semangat dan tetaplah maju untuk terus berusaha.

Semakin keras usaha yang Anda lakukan, maka akan semakin besar juga peluang Anda untuk meluluhkan hati orang tua pasangan Anda.

Baca juga: 6 Cara Membuktikan Cinta Pada Wanita

3. Perbaiki Sikap Anda

Cobalah untuk introspeksi diri, mungkin masih Ada sikap atau penampilan Anda yang tidak disukai oleh calon mertua. Misalnya saja sikap Anda yang kurang sopan atau kurang sabaran, mudah emosi dan kasar kepada pasangan, atau bisa dibilang masih labil.

Tanyakan kepada pasangan Anda apakah ada sikap Anda selama ini yang tidak disukainya.  Selain itu saat berkunjung ke rumah pasangan, usahakan untuk selalu berpakaian serapi dan sopan mungkin karena tentu saja hal itu akan membuat penilaian calon mertua pada anda menjadi baik lagi.

Pakaian yang bagus bukan berarti harus mahal. Namun usahakan pakaian yang Anda kenakan tersebut belum terlalu usang, kemudian jangan lupa disetrika dan gunakanlah secara rapi.

4. Kenali lebih dalam sifat calon mertua

Ada pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang dan tak akrab. Anda memang harus berusaha dengan keras untuk lebih mengenal orang tua pasangan.

Meskipun mereka sulit sekali untuk membuka diri kepada Anda, namun Anda masih bisa meminta bantuan kepada pasangan. Sebagai contoh, mencari tahu sifat, latar belakang, hingga harapan apa yang orang tuanya inginkan dari calon menantunya nanti.

5. Pilihlah topik obrolan yang tepat

Setelah mengetahui latar belakang dan sifat dari calon mertua Anda, nah sekarang saatnya mendekati calon mertua dengan cara memilih topik pembicaraan yang dekat dengan dunia calon mertua.

Dari mulai pekerjaan hingga hobi, Anda harus bersikap seolah-olah tidak faham. Tanyakan hal-hal yang menurut calon mertua Anda menarik. Karena biasanya orang tua lebih senang jika diberi ruang untuk berbagi pengalaman.

6. Berikan pengaruh yang baik kepada anaknya

Mungkin saja calon mertua tidak menyukai Anda karena Anda tidak bisa membawa pengaruh yang baik kepada anaknya. Mereka berpikir setelah berhubungan dengan Anda, anaknya bukannya bisa berubah menjadi semakin baik, malah semakin tidak baik.

Jadi jika Anda ingin mendapatkan restu dari kedua orang tua pasangan Anda, tunjukkan Anda bisa memberikan pengaruh yang baik kepada anaknya. Misalya, kiat singkat agar tidak hidup boros atau tetap semangat saat si dia gagal dalam suatu hal.

7. Tetap berdoa

Setelah semua kesabaran dari usaha yang telah Anda lalui, hal yang tidak boleh lupa adalah selalu berdoa kepada sang pencipta atas apa yang sudah Anda lakukan. Mintalah pada Tuhan agar calon mertua bisa menyetujui hubungan Anda dengan kekasih. Sehingga hubungan itu bisa langgeng sampai jenjang pernikahan.

Ini adalah salah satu cara terampuh yang bisa Anda lakukan, tentunya setelah Anda benar-benar berusaha. Karena setiap doa akan bergantung dari bagaimana usaha yang sudah Anda lakukan.

Demikianlah cara mendekati calon mertua dan meluluhkan hatinya. Dengan mendapatkankan kesan yang baik akan memperlancar hubungan ke jenjang yang lebih serius. Hal ini karena jika sudah menikah nantinya mereka akan menjadi orang tua Anda juga.

Jadi jangan sampai bersikap buruk terhadap mereka ya. Pastikan juga untuk selalu melakukannya dengan tulus dan jujur agar tidak menyebabkan penyesalan di kemudian hari.

Artikel Terkait: