5 Cara Mengakhiri Hubungan Tanpa Status

By | Category: Hubungan
mengakhiri hubungan tanpa status

Menjalani suatu hubungan memang menyenangkan, apabila hubungan yang dijalaninya memang jelas dan sehat. Namun, bagaimana dengan hubungan yang tidak mempunyai status?

Hubungan yang seperti itu ada karena antara kedua belah pihak tidak memiliki komitmen. Lalu, apakah Anda berhak cemburu? Apakah Anda berhak melarang-larang dia? Tentu tidak. Maka dari itu yang namanya hubungan tanpa status lebih baik diakhiri saja.

Mengakhiri suatu hubungan, walaupun tidak ada komitmen, tentu saja tetap sulit. Lalu apakah yang sebaiknya dilakukan? Tiba-tiba menghilang atau bagaimana?

Jangan khawatir. Berikut ini beberapa cara mengakhiri hubungan tanpa status yang mungkin bisa membantu Anda.

1. Cari sebanyak mungkin informasi

Ketika Anda menjalani hubungan tanpa status dengan seseorang, maka Anda pasti sudah mengenal orang tersebut dengan baik. Mungkin juga waktu pertemanan kalian sudah lama. Namun, lamanya waktu apakah menandakan Anda tahu lebih jauh tentang kepribadian orang tersebut?

Tentu tidak. Jika Anda ingin mengakhiri hubungan tanpa status yang tidak jelas ini, maka Anda harus menggali informasi yang banyak tentang orang itu.

Mencari informasi tentang kehidupan orang pada zaman sekarang sangatlah mudah. Gunakan smartphone Anda, buka akun sosial medianya. Jika Anda belum menemukan titik terang maka gunakanlah metode offline. Tanyakan pada sahabatnya bagaimana sifat dan karakter daari orang tersebut.

Jika dia memang hobi menebar pesona pada lawan jenis maka lebih baik akhiri sudah semua ini. Namun jika dia adalah tipe yang serius dan bukan hobi menebar cinta pada semua yang dikehendakinya, maka ikuti step selanjutnya berikut ini.

2. Ketahui status dia

Jika Anda telah mendapat semua informasi tentang kepribadiannya secara offline maupun online, maka langkah selanjutnya adalah memastikan tentang statusnya. Banyak sekali wanita atau pria yang mengaku single, padahal dia memiliki pacar, tunangan atau bahkan suami atau istri dan anak di kampung halamannya. Bahaya bukan? 

Untuk itu, Anda harus menggali informasi lebih dalam tentang statusnya. Hubungan tanpa status adalah hubungan yang mencurigakan. Pasti ada alasan kuat mengapa hubungan yang Anda jalani tidak jelas seperti ini.

Percayalah, mengetahui status dia sebelum pacaran lebih baik daripada setelah pacaran. Rasa sakit yang Anda derita akan lebih dalam sehingga lebih baik hentikan dari sekarang sebelum terlambat.

3. Cari tahu motivasi dia mendekati Anda

Sebuah hubungan tanpa status adalah hubungan yang tidak sehat. Mengapa? Sekarang begini, jika Anda dan dia mempunyai segala macam kecocokan, komunikasi intens, Anda dan dia merasa nyaman satu sama lain, lalu kenapa hubungan kalian masih tidak jelas?

Pada umumnya 6 hingga 12 bulan adalah waktu yang cukup bagi seseorang untuk mengambil keputusan dan mengungkapkan apa yang dirasakannya kepada lawan jenis. Jika dia dekat dengan Anda lebih dari 12 bulan, maka tentu ada alasan kuat mengapa dia tidak menyatakan cintanya pada Anda.

Cari tahu apa yang menyebabkan dia maju mundur. Jika memang dia memiliki seseorang lain maka Anda berhak mengakhiri hubungan tanpa status ini agar hati Anda tidak terlalu lama menahan sakit.

4. Curhat pada sahabat atau keluarga

Ketika Anda tidak kuat memendam semua yang Anda rasakan sendiri, maka tidak ada salahnya untuk mencurahkan apa yang selama ini Anda tahan kepada orang yang betul-betul Anda percayai seperti sahabat atau keluarga.

Dengan berbagi maka hati Anda akan lebih tenang dan pikiran Anda menjadi lebih terbuka. Tidak menutup kemungkinan jika Anda akan menemukan cara dan jalan keluar yang tepat dari sahabat atau keluarga Anda.

Akan lebih baik jika Anda bercerita kepada orang yang memang mengenal kalian berdua dengan baik. Kemungkinan besar orang tersebut akan memberikan pandangannya secara objektif dan mengarahkan Anda ke jalan yang terbaik bagi Anda, entah itu endingnya jadi ataupun tidak.

Biasanya jika orang sedang jatuh cinta akan sulit untuk dinasihati, maka dari itu hilangkan semua ego yang ada dalam diri Anda dan siap untuk menerima segala nasihat dari orang-orang terdekat. Mereka pasti tahu apa yang sebaiknya Anda lakukan ketika Anda dibutakan oleh cinta.

Baca juga: 7 Cara Menaklukkan Hati Pria Cuek dan Pendiam

5. Buatlah keputusan dan tegaskan status Anda

Jika Anda sudah melakukan keempat hal di atas dan menerima jawabannya, senang atau tidak senang Anda harus berani mengambil keputusan untuk mengakhiri hubungan tanpa status tersebut atau tidak.

Ajaklah dia untuk bertemu, usahakan untuk membawa suasana santai dan terbuka, di mana Anda dan dia bebas dan tidak tertekan. Jujurlah terhadap apa yang Anda rasakan, tegaskan relasi Anda.

Mungkin hal ini mudah untuk pria, tetapi tidak untuk wanita. Tidak apa-apa, sampaikan secara elegan dan jangan memaksa. Soalnya, sebuah hubungan yang dipaksakan tidak akan berjalan dengan baik.

Menanyakan hubungan menunjukkan bahwa Anda adalah seorang yang tegas dan kuat. Terima apapun hasilnya, jika memang tidak berlanjut maka dia memang tidak baik bagi Anda.

Demikianlah 5 cara mengakhiri hubungan tanpa status yang dapat Anda lakukan. Selalu ingat bahwa hubungan tanpa status adalah hubungan yang tidak sehat dan perlu kejelasan.

Jika dia tak kunjung memberi kejelasan pada Anda, maka Anda yang harus bergerak terlebih dahulu. Jangan takut untuk kehilangannya. Apakah dia seseorang yang baik jika tak kunjung memberikan komitmen?

Artikel Terkait: