11 Cara Cerdas Mengatasi Anak Malas Belajar

By | Category: Parenting
Ibu bantu anak belajar

Ada banyak faktor yang menyebabkan anak menjadi malas belajar. Salah satunya adalah faktor linkungan.

Keengganan anak untuk belajar adalah hal yang wajar. Pasalnya, anak memang akan lebih cenderung untuk bermain dan menghabiskan waktunya dengan bermalas-malasan. Namun, sebagai orang tua, tentunya ini bukanlah hal yang baik untuk dibiarkan.

Jika anak Anda adalah salah satu anak yang malas belajar, maka gunakanlah beberapa metode dalam cara mengatasi anak malas belajar berikut ini.

1. Jangan Memanggilnya “Pemalas”

Apa yang Anda lontarkan pada anak jika mereka enggan belajar atau mengerjakan pekerjaan rumah mereka? Pemalas? Ya, julukan ini kerap kali dilontarkan para orangtua yang sangat kesal dengan anak-anak mereka bukan? Namun, sebaiknya Anda menghindari kata-kata ini.

Di dalam cara mengatasi anak malas belajar, hal yang penting adalah memberikan motivasi. Jadi, cobalah berikan mereka motivasi sebanyak mungkin ketimbang harus menjatuhkan dan membuat mereka semakin kesal. Julukan ini hanya akan memancing hal buruk lainnya.

2. Tunjukan Sikap yang Baik

Anak-anak lebih cenderung meniru dan melakukan kebiasaan Anda. Maka, berikanlah contoh yang baik di rumah. Seperti selalu mebersihkan dapur sehabis makan, menyapu rumah, dan melakukan pekerjaan rumah lainnya.

Sesekali, ajaklah mereka untuk bekerja sama dalam membersihkan rumah. Jadikan pekerjaan rumah menjadi rutinitas harian yang tidak harus selalu lama. Yang jelas, selalu berikan cntoh positif dan mintalah keterlibatan mereka.

3. Biarkan Mereka Memilih

Biarkan mereka menentukan pilihan mereka, walaupun pilihan pertamanya adalah mengabaikan tugas dan malas belajar. Namun, biarkan juga mereka menanggung kosekuensinya. Seperti mendapatkan hukuman jika tidak mengerjakan pekerjaan rumah.

Setelah mereka mengenali kosekuensi dari apapun yang mereka pilih, maka Anda baru bisa menasihati dan mengingatkan tentang hal tersebut. Terkadang diperlukan sebuah pendekatan khusus agar anak bisa lebih mengerti dan memahami apa yang harus mereka lakukan.

4. Buatlah Hubungan Terbuka

Ingat bahwa anak adalah seseorang yang masih memerlukan sebuah bimbingan, seberapa nakalpun mereka. Sebagai orang tua, ini sudah menjadi tugas Anda untuk membimbing dan mebesarkan mereka dengan baik. Bagaimana caranya? Melalui sebuah hubungan yang baik.

Jangan biarkan mereka menganggap Anda seolah musuh yang harus dijauhi. Cobalah perlahan mendekati dan menjalin sebuah hubungan terbuka. Misalnya saja dengan menyanyakan bagaimana kabar mereka, bagaimana pengalaman mereka dan hal-hal menarik lainnya.

5. Berikan Penghargaan

Ini terkadang menjadi salah satu cara mengatasi anak malas belajar yang kerap dilupakan. Karena orang tua terlalu fokus menginginkan hal yang sempurna dari sang anak, hingga lupa bahwa mereka juga butuh dukungan dan sanjungan.

Memberikan sebuah penghargaan bukan berati anda harus secara terpaksa memanjakan mereka, loh. Hal yang dijelaskan pada poin ini adalah memberikan hadiah ketika mereka melakukan hal yang benar. Anak-anak membutuhkan hal ini.

Misalnya saja sebatang coklat kecil ketika mereka berhasil di mata pelajarannya. Atau meberikan sebuah kecupan hangat ketika mereka dengan senang hati membantu pekerjaan rumah. Berilah pujian, ini akan kembali menyemangatinya.

6. Susun Jadwal

Setidaknya buatlah jadwal harian sederhana untuk rutinitas si kecil. Misalnya saja kapan mereka bleh nonton televisi, bermain dan belajar tentunya. Sebuah jadwal sangat penting untuk membentuk kebiasaan dan pribadi anak. Ingat pepatah “bisa karena terbiasa”.

7. Mengulang Pelajaran

Mungkin ini terdengar membosankan, namun snagat penting bagi kita mengajarkan kembali dan mengulang pelajaran mereka. Ini akan baik untuk pemahaman dan penguasaan materi. Dan sekaligus mengajarkan anak untuk lebih rajinkedepannya.

8. Belajar Sebelum Tidur

Cobalah menerapkan kebiasaan ini sebelum mereka tidur. Tidak perlu lama, mengulang kembali pelajaran 15 hingga 20 menit sudah cukup. Setidaknya ini akan meberikan sebuah rutinitas baru yang positif bagi anak.

9. Ciptakan Suasana Nyaman

Cobalah cari tahu jenis ruangan atau warna cat tembok apa yang mereka sukai. Nah, dengan merenovasi ruangan sehingga menjadi ruangan yang nyaman dan mengasyikan, mereka akan termotivasi. Jangankan anak-anak, bukankah Anda akan lebih betah diruangan yang nyaman?

10. Kenali Tipe Belajar

Ada banyak jenis dan tipe belajar anak. Ada anak yang lebih suka mendengarkan, lebih suka bermain dengan gambar dan lebih suka menulis. Jenis pelajar yang mana anak Anda tersebut?

Ya, kenali dulu cara belajar mereka. Dan dengan mengetahui jenis apa anak Anda, tentunya akan lebih mudah meberikan ide pembelajaran seperti apa nantinya.

11. Batasi Waktu Belajar

Tidak ada anak yang akan betah jika disuruh belajar seharian. Oleh karena itu, jangan mengulangi kesalahan yang sama dengan memaksakan mereka untuk belajar sepanjang hari. Cobalah batasi waktu belajar mereka setiap harinya. Perlahan mereka akan mulai terbiasa dengan rutinitas tersebut.

Demikianlah 11 cara mengatasi anak malas belajar yang mudah dan efektif. Apapun alasannya, jangan pernah memaksakan sesuatu kepada anak. Karena mereka akan memberentok dan menjadi anak yang kerap melawan. Cobalah mengajari mereka dengan cara yang lebih baik dan lebih lembut.

Artikel Terkait: