9 Cara Mengatasi Bau Mulut Kronis

By | Category: Kesehatan
Ilustrasi bau mulut kronis

Mempunyai mulut yang bau tentunya membuat kita menjadi kurang percaya diri. Di sisi lain, berada dekat-dekat dengan orang yang mempunyai mulut bau membuat kita tidak ingin bertahan lama-lama.

Bau mulut merupakan bau tidak sedap yang pada disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan mulut. Selain itu, bau mulut juga dapat menandakan gejala dari terjadinya suatu gangguan penyakit.

Lalu bagaimana cara mengatasi bau mulut kronis secara cepat dan alami? Berikut pembahasannya.

1. Parsley

Parsley merupakan jenis tanaman yang satu family dengan seledri. Tanaman ini dipercaya ampuh mengatasi bau mulut kronis. Pada tanaman parsley terdapat senyawa aktif yang berfungsi meghilangkan bau mulut untuk penderita oral malodor maupun halitosis.

Cara pemakaian parsley yaitu siapkan beberapa lembar daun parsley kemudian kunyah beberapa menit. Selain itu Anda juga dapat membuat jus yang terbuat dari daun parsley ataupun memasukan parsley ke dalam salad.

2. Apel

Apel merupakan buah yang kaya akan serat dan banyak disukai oleh orang-orang. Tahukah Anda selain baik untuk kesehatan tubuh apel juga mempunyai manfaat sebagai pembersih alami untuk kesehatan mulut.

Kandungan serat pada buah apel berfungsi membersihkan sisa makanan yang ada pada mulut. Selain itu serat apel juga dapat merangsang produksi air liur.

Banyaknya produksi air liur akan membuat mulut tetap lembab sehingga mulut tidak akan menjadi kering. Bau mulut dapat disebabkan karena mulut yang kering.

Cara pemakaian apel untuk bau mulut sangat mudah yaitu hanya mengunyah apel secara perlahan atau Anda dapat mengkonsumsi apel setiap hari agar kesehatan mulut terjaga dan mulut terhindar dari bau.

3. Kayu manis

Aroma harum pada kayu manis sangatlah khas sehingga kayu manis banyak digunakan ketika memasak. Tahukah Anda bahwa pada kayu manis terdapat senyawa cinnamic aldehyde yang berkhasiat membunuh berbagai bakteri yang ada pada mulut.

Selain itu aroma khas dari kayu manis dapat menyegarkan nafas sehingga mulut pun akan kembali segar dan tidak aka bau. Gunakan air rebusan kayu manis untuk berkumur.

4. Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah yang sering dijadikan sebagai obat tradisional. Selain berkhasiat untuk berbagai kesehatan tubuh jahe juga mempunyai khasiat mengatsi bau mulut kronis. Kandungan gingerol pada jahe sangat ampuh melawan berbagai bakteri yang menjadi penyebab bau mulut.

Siapkan beberapa ruas jahe kemudian parut dan peras sari-sari jahe tersebut. Langkah terakhir campurkan air hangat dengan sari jahe tersebut dan gunakan sebagai obat kumur.

5. Lemon

Vitamin C mempunyai manfaat dalam menjaga kesehatan mulut dan juga gigi. Kita dapat menemukan kandungan vitamin C pada buah-buahan salah satunya yaitu pada buah lemon.

Rasa asam pada lemon sangat tidak disukai oleh bakteri sehingga ketika kita mengkonsumsi lemon maka bakteri yang ada pada mulut akan terbunuh. Selain itu lemon juga dapat mengatasi mulut yang kering.

Cara megobati bau mulut dengan lemon yaitu siapkan 1 buah lemon kemudian peras lemon dan campurkan dengan air hangat. Kemudian gunakan air campuran lemon tersebut sebagai obat kumur.

Anda juga dapat mengkombinasikan air lemon dengan garam untuk mendapatkan hasil yang baik. Perlu diperhatikan penggunaan obat kumur lemon ini tidak dapat dilakukan setiap hari, lakukanlah hanya 2 hingga tiga kali dalam satu minggu.

6. Cengkeh

Selain kayu manis dan jahe, jenis rempah-rempah lainnya yang dapat menjaga kesehatan mulut yaitu cengkeh. Pada cengkeh terdapat kandungan minyak atsiri yang mempunyai sifat antibakteri sehingga berkhasiat melawan berbagai bakteri yang ada pada mulut.

Anda dapat langsung mengunyah cengkeh atau jika tidak mau mengunyah secara langsung rebus cengkeh kemudian konsumsi air rebusan cengkeh setiap hari.

7. Teh hijau

Teh hijau merupakan jenis teh yang banyak disukai orang-orang. Tak hanya itu, teh hijau juga mempunyai banyak sekali khasiat untuk kesehatan termasuk untuk kesehatan mulut.

Beberapa penelitian menemukan hasil bahwa orang yang mengkonsumsi teh hijau dengan rutin cenderung memunyai jumlah bakteri yang sangat sedikit. Anda dapat mengkonsusmi langsung teh hijau atau dijadikan sebagai obat kumur.

8. Baking soda

Baking soda selain dapat digunakan untuk membuat kue rupanya mempunyai banyak manfaat lainnya. Manfaat dari baking soda diantaranya dapat menghilangkan komedo dan jerawat.

Selain itu baking soda mempunyai manfaat mengatasi bau mulut kronis. Kandungan sodium bikarbonat dapat melawan berbagai bakteri yang menjadi penyebab bau mulut.

9. Cuka apel

Pada umumnya kelenjar saliva dapat terangsang ketika Anda mengkonsumsi jenis makanan atau minuman yang asam. Selian itu bakteri dapat terbunuh ketika pH di dalam mulut netral, cuka apel mempunyai manfaat menyeimbangkan pH.

Sehingga bakteri pun tidak akan dengan mudah tumbuh dan berkembang di dalam mulut yang ada bakteri akan terbunuh dan mulut mejadi segar kembali.

Nah itulah 9 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bau mulut kronis. Coba lakukan salah satu dari cara tersebut dan lakukan secara rutin agar rasa percaya diri kembali lagi.

Semoga artikel ini dapat memberikan solusi untuk menghilangkan bau mulut dan menjadikan nafas Anda kembali segar seperti biasanya. Selamat mencoba!

Artikel Terkait: