7 Cara Mengatasi Bosan di Tempat Kerja

By | Category: Tips Karier

mengatasi bosan di tempat kerja

Pekerjaan yang dilakukan setiap hari dengan kegiatan yang selalu sama atau monoton tentu dapat menciptakan kebosanan yang amat sangat. Selain itu, kejenuhan juga dapat terjadi akibat waktu kosong yang lama karena telah mengerjakan tugas atau proyek besar, salah mengatur waktu, atau tumpukan pekerjaan yang menyebabkan turunnya fokus.

Kejenuhan tentu dapat mengganggu efektivitas dan produktivitas kinerja Anda setiap harinya. Tak hanya itu, kejenuhan juga dapat membuat emosi Anda tidak stabil sehingga juga akan berpengaruh pada posisi Anda di tempat kerja.

Tetapi Anda tidak perlu cemas. Berikut ini beberapa cara mengatasi bosan di tempat kerja yang dapat Anda coba.

1. Berolahraga

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang kaya akan manfaat. Sselain membuat tubuh Anda sehat, olahraga juga dapat berpengaruh pada pembentukan mental seseorang. Berolahraga dapat mengurangi rasa kecemasan seseorang yang diakibatkan oleh rasa jenuh karena mengerjakan sesuatu yang sama setiap harinya.

Oleh karena itu, manfaatkan waktu untuk berolahraga paling tidak 15 hingga 30 menit setiap hari. Anda tidak perlu berolahraga yang berat, cukup jalan pagi dengan menghirup udara segar.

Dengan melakukan hal ini, dapat dipastikan lambat laun rasa cemas akibat kejenuhan Anda akan berkurang dan Anda dapat memulai awal hari dengan semangat.

2. Mempelajari hal yang baru

Tips untuk mengatasi bosan di tempat kerja selanjutnya adalah mempelajari hal yang baru. Mempelajari hal baru yang bermanfaat bagi pekerjaan tentu akan didukung oleh perusahaan. Anda dapat menyelipkan kegiatan tersebut di sela waktu luang Anda. Bahkan bisa jadi perusahaan akan memberikan dispensasi pada Anda.

Anda dapat belajar skill baru seperti mengoperasikan software tertentu, skill manajemen atau bahkan mengasah kemampuan bahasa asing. Karena kegiatan ini baru Anda lakukan, maka tentu ada perubahan pada aktifitas harian Anda sehingga rasa jenuh pun dapat berkurang.

3. Menambah relasi

Menambah relasi dengan mengeksplorasi lingkungan kerja juga dapat mengatasi bosan di tempat kerja. Bangun hubungan komunikasi tidak hanya dengan bawahan saja, tetapi juga atasan maupun pekerja-pekerja lain di kantor Anda.

Anda dapat memanfaatkan waktu luang untuk membangun persahabatan baru dan pengalaman baru. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui fasilitas apa saja yang disediakan oleh perusahaan, sehingga Anda dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dengan baik.

4. Selalu bersyukur

Hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bosan di tempat kerja selanjutnya adalah menata hati dan pikiran. Jangan jadikan kejenuhan sebagai masalah yang sangat besar dan sangat buruk dampaknya. Semua orang pasti pernah mengalami kejenuhan dalam pekerjaan.

Jenuh adalah hal yang wajar. Banyak orang, yang mungkin juga orang tua Anda, sudah bekerja bertahun-tahun tetapi dapat bertahan dalam pekerjaan. Karena apa? Karena mereka selalu berpikir positif dan bersyukur.

Anda pun juga harus bersyukur dengan pekerjaan Anda. Pasalnya masih banyak orang di luar sana yang ingin ada di posisi Anda. Medapatkan pekerjaan yang layak dan penghasilan tetap.

Akan sangat tidak baik jika Anda terus menerus mengeluh. Mengeluh tidak akan memperbaiki keadaan, mengeluh memberikan dampak buruk bukan hanya pada orang lain tetapi juga pada pikiran Anda sendiri.

5. Mencari tahu sebab kebosanan

Kebosanan pasti ada sebabnya. Jika Anda bosan karena pekerjaan yang monoton, Anda bisa berkonsultasi dengan atasan Anda agar Anda diberikan tugas yang baru atau mungkin bertukar tanggung jawab dengan kolega.

Tetapi, jika penyebab kebosanan Anda bukan dari pekerjaan yang monoton tetapi karena pekerjaan yang terlalu banyak, Anda juga bisa berkonsultasi dengan manajer. Bicarakan masalah Anda dengan atasan secara professional, bukan curhat atau mengeluh ya.

Manajer tentu akan memberikan solusi bagi Anda. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari kebosanan akibat pekerjaan yang terlalu menumpuk.

6. Bersantailah

Tips selanjutnya untuk mengatasi kebosanan di tempat kerja adalah dengan bersantai. Istirahatkan pikiran Anda sebentar. Jangan terlalu memforsir baik pikiran atau pekerjaan.

Tarik nafas dalam dan rilekskan pikiran. Mengistirahatkan pikiran sangat baik untuk menambah produktivitas dan keefektifan kerja.

Jalan-jalanlah sebentar di lingkungan kantor, pergilah ke lingkungan outdoor yang hijau dan atur nafas Anda. Pejamkan mata untuk menambah efek rileks. Ketika pikiran Anda rileks maka mungkin Anda akan menemukan ide baru untuk masalah pekerjaan Anda.

7. Lakukan hal yang Anda sukai

Weekend adalah hari yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang. Manfaatkan weekend Anda dengan baik dan lakukanlah hal yang Anda sukai serta dapat menambah semangat. Misalkan saja futsal, bermain bulutangkis, bertemu teman atau pun berkumpul dengan keluarga di rumah.

Lakukan hobi yang mungkin sudah jarang Anda lakukan. Jika perlu ikuti komunitas-komunitas yang cocok dengan hobi Anda. Bertemu orang baru dan pergi ke tempat baru dapat mengatasi kebosanan yang anda lakukan setiap harinya.

Demikianlah 7 cara mengatasi bosan di tempat kerja. Kebosanan atau kejenuhan adalah hal yang wajar dan pasti dialami oleh semua orang. Jangan lupa untuk menata pikiran, berolahraga, komunikasi dan melakukan hobi agar kejenuhan Anda dapat teratasi dengan baik. Semoga sukses dan selamat mencoba!

Artikel Terkait: