9 Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami

By | Category: Kesehatan

Ilustrasi cara mengatasi perut kembung

Kembung adalah keadaan ketika perut Anda terasa penuh karena penumpukan gas dalam usus, terutama usus halus. Gas tersebut dapat disebabkan oleh minuman bersoda, bir, anggur merah, susu, dan makanan yang mengandung banyak laktosa seperti sereal dan roti.

Perut kembung membuat perut Anda nampak keras dan besar. Penyebab peyakit ini ada banyak, selain berasal dari makanan, beberapa di antaranya adalah sembelit dan makan secara berlebihan di luar batas kemampuan perut Anda.

Perut kembung biasanya diikuti oleh gejala lain seperti kram perut. Untuk membantu Anda mengatasi perut kembung, berikut ini 9 cara alami yang dapat Anda coba.

1. Mengonsumsi Jahe

Jahe adalah rempah-rempah yang kaya akan manfaat. Tanaman ini memiliki kandungan gingerol dan shaogaols yang berguna untuk mengatasi atau mengurangi masalah perut kembung atau peradangan di usus.

Minumlah air rebusan jahe secara rutin agar penumpukan gas yang ada di usus Anda semakin berkurang dan perut kembung Anda dapat teratasi.

Selain itu, jahe juga dapat membuat tubuh Anda menjadi hangat sehingga keringat akan keluar dengan sendirinya. Tentu hal ini membuat perut Anda  menjadi nyaman dan pencernaan Anda semakin lancar.

2. Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik

Probiotik adalah salah satu mikroorganisme yang baik bagi usus karena dapat memperlancar proses pencernaan. Oleh sebab itu, probiotik juga baik bagi Anda yang memiliki masalah perut kembung. Mikroorganisme ini dapat mengurangi gas yang menumpuk di usus.

Salah satu makanan yang kaya akan probiotik adalah yoghurt. Jadi, mengonsumsi yoghurt secara rutin dapat menyehatkan pencernaan. Soalnya, pertumbuhan bakteri yang berlebihan tentu dapat menghambat roses pencernaan sehingga resiko perut kembung pun akan semakin meningkat.

3. Hindari minuman bersoda

Minuman bersoda memang banyak digemari. Selain enak, minuman ini juga sangat mudah didapatkan. Tetapi perlu Anda ketahui bahwa minuman jenis ini kurang baik untuk pencernaan Anda.

Pasalanya, minuman bersoda memiliki andil yang besar untuk menambah tumpukan gas dalam perut. Hal ini dibuktikan dengan sendawa yang terjadi setelah Anda minum minuman berkarbonasi ini. Jika Anda ingin perut kembung cepat teratasi, maka hindarilah minuman yang bersoda.

4. Terapkan pola makan yang teratur

Ketika perut Anda kosong, maka akan sangat mudah angin untuk masuk memenuhi perut Anda. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menerapkan pola makan yang teratur.

Jangan menunda makan. Selain menyebabkan perut kembung, menunda makan juga akan menyebabkan penyakit lambung seperti maag. Hal tersebut tentu dapat mengganggu aktivitas dan kerja Anda setiap harinya.

5. Banyak minum air putih

Air putih memiliki andil yang besar untuk membantu proses pembuangan racun dan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh Anda. Ketika tubuh Anda kekurangan cairan maka dapat menyebabkan perut Anda penuh karena tubuh akan menahan air.

Disarankan untuk membawa botol air minum keman apun Anda pergi. Tujuannya agar Anda tidak lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya.

6. Memakai jaket saat berkendara

Hal ini merupakan hal yang sederhana, tetapi dapat membantu Anda untuk mengatasi perut kembung. Apabila Anda sedang berkendara di luar atau berkegiatan di luar saat malam hari, apalagi Anda adalah pengendara motor, maka sangat dianjurkan untuk memakai jaket yang tebal.

Hal ini untuk mencegah timbulnya masuk angin yang dapat membuat perut Anda semakin kembung.

7. Mengonsumi peppermint

Peppermint mengandung minyak mentol yang berperan sebagai anti-spasmodik. Hal tersebut dapat mengurangi rasa tidak nyama ketika perut Anda kembung.

Anda bisa mengunyah daun peppermint yang masih segar atau juga bisa meminum teh peppermint. Anda juga bisa menambah sedikit jahe dalam teh tersebut.

8. Menghindari minuman dingin

Selain menghindari minuman bersoda, disarankan Anda juga menghindari minuman yang dingin agar kembung yang Anda rasakan cepat mereda. Minuman dingin dapat menyebabkan masuk angin karena suhu lingkungannya dingin.

Maka dari itu sangat dianjurkan untuk menghindari atau mencegah masuk angin agar gas yang menumpuk pada perut dapat berkurang. Jika Anda merasa perut Anda menunjukkan gejala kembung, maka disarankan untuk minum yang hangat-hangat saja.

9. Melakukan aktivitas setelah makan

Apabila Anda habis makan, biasanya akan timbul yang namanya mengantuk. Karenanya Anda ingin bersantai dan membaringkan tubuh. Namun, hal tersebut sangat tidak disarankan.

Agar pencernaan Anda dapat lancar dan bekerja dengan baik serta metabolisme tubuh tetap bekerja, maka sebaiknya Anda melakukan aktivitas setelah makan minimal 10 menit. Aktivitas tersebut bisa berupa jalan santai. Tetapi, hindari olahraga berat seperti berlari.

Dengan melakukan aktivitas sederhana, Anda akan dapat mengurangi tumpukan gas yang ada dalam perut. Jika Anda langsung rebahan setelah makan, bukan hanya perut Anda terasa kembung tetapi juga akan menjadi buncit.

Demikianlah 9 cara mengatasi perut kembung secara alami yang dapat Anda coba. Menghindari minuman dingin dan soda, mengatur pola makan, dan mengonsumsi makanan tertentu yang bisa mengatasi perut kembung dapat mempercepat pembuangan gas berlebih dalam perut Anda.

Lakukan hal tersebut secara kontinyu agar manfaat yang dirasakan dapat maksimal. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait:

  • No Related Posts