8 Cara Mengelola Gaji Bulanan dengan Baik

By | Category: Finansial
mengelola gaji bulanan

Hal yang paling membahagiakan dari bekerja adalah ketika mengalirnya gaji ke rekening. Akan ada rasa bangga yang tumbuh melihat kerja keras Anda dan lelahnya bekerja dihargai.

Setelah menerima gaji, pasti Anda berpikir untuk menghabiskannya dengan sesuatu yang Anda sukai. Ingin beli baju, makan di restoran favorit atau mungkin travelling atau jalan-jalan ke tempat yang Anda impikan.

Jika Anda menuruti semua keinginan, maka jangan kaget ketika sebelum akhir bulan, gaji Anda sudah habis. Menghilang entah ke mana. Tak mau seperti itu terus kan?

Berikut ini 8 cara mengelola gaji bulanan dengan baik sehingga Anda tidak akan kebingunangan.

1. Catat setiap pengeluaran Anda

Hal yang mungkin Anda pernah rasakan setelah menerima gaji adalah, “kok uangku tinggal segini ya”. Penyebab gaji yang tiba-tiba berkurang banyak tanpa Anda sadari adalah karena Anda tidak pernah mencatat pengeluaran.

Mencatat pengeluaran dapat membuat Anda sadar betapa banyak uang yang Anda habiskan untuk sesuatu yang mungkin bukan kebutuhan mendesak.

Untuk itu, catat semua pengeluaran Anda. Mulai dari membeli makanan ringan, membeli minum, dan jajanan yang mungkin sering Anda lupakan. Walau harganya tidak seberapa, tetapi jika sehari 3 kali juga berpengaruh besar terhadap pengeluaran bukan?

Simpan semua nota transaksi yang Anda dapatkan. Secara tidak langsung, hal sederhana ini dapat mengerem pengeluaran Anda.

2. Ingatlah bahwa gaji bulanan Anda hanya sementara

Meredam keinginan Anda untuk membeli sesuatu yang mungkin bukan kebutuhan primer adalah metode mengelola gaji bulanan yang cukup efisien. Jangan pernah merasa kaya raya ketika gaji baru Anda terima.

Tanamkan kepada diri Anda bahwa gaji Anda hanya sementara, kebutuhan Anda ke depan masih banyak. Anda masih punya cicilan, dan tabungan yang harus Anda prioritaskan terlebih dahulu.

Ada baiknya untuk membeli beberapa barang yang mendesak terlebih dahulu. Langsung kurangi gaji Anda dengan membayar tagihan listrik, air, internet, belanja bulanan, dan uang makan. Jika perlu, pisahkan gaji Anda dalam amplop-amplop agar Anda data dengan mudah mengaturnya.

3. Buka rekening baru untuk menabung

Tips yang selanjutnya agar Anda dapat menggunakan gaji dengan baik dan benar adalah membuka lagi rekening bank yang berbeda. Pilihlah bank yang memiliki uang administrasi rendah dan tidak memiliki kartu ATM.

Anda harus berjanji untuk tidak mengotak-atik dan mencampurkan uang ini dengan kebutuhan sehari-hari Anda. Tanpa potongan administrasi bulanan dapat membuat uang Anda tetap bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Absennya kartu ATM pun dapat membuat Anda tidak tegoda menarik uang tabungan ini. Mantap, bukan?

4. Tarik uang secukupnya

Sebaiknya, Anda tidak boleh malas untuk membuat anggaran uang Anda. Catat barang apa saja yang harus dibeli dan ambil gaji Anda sesuai dengan uang yang Anda anggarkan.

Anda bisa menganggarkan pengeluaran dalam satu minggu. Sehingga Anda cukup menarik uang dari ATM seminggu sekali. Hal ini tentu akan membuat Anda lebih hemat.

Mengapa? Karena secara tidak langsung Anda akan berpikir bahwa uang yang Anda punyai hanya yang ada di dompet saja.

5. Hindari penggunaan kartu kredit yang berlebihan

Hindari mencicil barang yang tidak terjangkau oleh Anda, atau cicilan barang yang mungkin bukan kebutuhan mendesak. Mengelola gaji bulanan yang baik adalah dengan menghindari membeli barang yang tidak memiliki manfaat atau barang baru yang sebenarnya Anda sudah punya tapi belum rusak.

Hal ini adalah salah satu cara yang ampuh agar Anda tidak mengeluarkan uang banyak dan uang Anda tidak akan habis ketika tanggal tua. Jika Anda ingin mencicil suatu barang, maka pastikan memang Anda benar-benar membutuhkannya dan pilihlah barang yang memiliki bunga rendah.

6. Bergaulah dengan teman-teman yang sederhana

Hal ini sangat berpengaruh besar juga terhadap pengeluaran Anda. Memiliki teman yang biasa, ekonomi yang biasa juga dan hobi nongkrong di warteg dapat membuat Anda jauh lebih hemat daripada dengan teman yang glamour, hobi nge-mall, pergi ke café atau makan di restoran mahal.

Sehingga secara tidak sadar Anda akan dapat mengendalikan diri. Dan tentunya gaji Anda akan memiliki sisa yang cukup untuk ditabung.

Baca juga: 6 Tips Mendapatkan Investor untuk Usaha Sampingan Anda

7. Simpan uang receh dalam dompet khusus

Jangan pernah menyepelakan kekuatan dari uang receh yang Anda punya. Mengumpulkan uang receh dalam satu dompet khusus adalah salah satu bentuk dari mengelola gaji bulanan.

Recehan ini tentu dapat berguna untuk parkir atau ke kamar mandi umum. Plus, uang recehan itu juga dapat membuat Anda menghindari memecah uang besar yang malah membuat Anda semakin boros.

8. Sisihkan gaji Anda untuk orang tua

Alokasikan beberapa persen gaji Anda untuk orang tua. Prioritaskan hal ini karena Anda bisa bekerja karena orang tua menyekolahkan dan mendidik Anda.

Hal ini sangat berguna, karena jika orang tua butuh sesuatu Anda dapat membantu dengan menggunakan alokasi dana ini. Lakukan hal ini setiap bulannya dan jangan Anda mencampur uang ini dengan kebutuhan pokok Anda sehari-hari.

Demikianlah 8 cara mengelola gaji bulanan dengan cermat. Lakukan hal tersebut dengan displin, dan dapat dipastikan Anda tidak akan merana di tanggal tua.

Kendalikan diri Anda dan aturlah keuangan dengan bijaksana. Kebutuhan ke depan masih banyak. So, jangan habiskan uang Anda untuk hal yang tidak perlu. Yuk mulai mengatur gaji secara bijak dari sekarang!

Artikel Terkait: