5 Cara Menghadapi Cowok Cemburuan

By | Category: Hubungan
cowok cemburuan

Sifat cowok memang berbeda-beda, ada pasangan yang saking sayangnya menjadi gampang cemburuan. Dia akan dengan mudah melarang Anda untuk berkumpul bersama teman atau melakukan aktivitas lainnya.

Sebenarnya semua hubungan harus dilandasi dengan saling percaya satu sama lain. Jika dalam suatu hubungan tidak ada rasa saling percaya, maka hubungan tersebut tidak akan bertahan lama.

Cemburu memang salah satu bumbu dalam suatu hubungan, jika tidak ada rasa cemburu maka seperti ada yang hilang dan terasa hampa. Tetapi cemburu juga bisa menjadi sebab dalam keretakan suatu hubungan.

Untuk Anda yang memiliki cowok cemburuan jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa cara menghadapi cowok cemburuan yang mungkin dapat membantu Anda.

1. Bersikaplah terbuka

Cara menghadapi cowok cemburuan yang pertama adalah dengan bersikap terbuka. Cemburu ada karena dia sedang salah paham dan mungkin Anda sendiri juga tidak terbuka. Jelaskan padanya apa yang Anda lakukan agar dia tidak perlu menaruh rasa curiganya pada Anda.

Jika memungkinkan, ikut sertakan pasangan ke kegiatan atau acara-acara Anda. Kenalkan dia pada teman-teman Anda atau mungkin juga rekan kerja Anda. Jika Anda melakukan hal ini, maka pacar Anda tidak akan lagi mudah cemburu.

Hal ini karena dia mengenal langsung teman-teman dan rekan kerja Anda. Apalagi jika Anda tidak ragu untuk mengenalkan dia sebagai ‘pasangan’ Anda. Dijamin sifat mudah cemburunya akan berkurang dan dia akan semakin sayang dan lengket dengan Anda.

Baca juga: 7 Cara Menaklukkan Hati Pria Cuek dan Pendiam

2. Berkomunikasi dengan baik

Salah satu kunci dari langgengnya suatu hubungan adalah komunikasi. Apalagi jika pacar Anda memang tipe orang yang mudah cemburu. Jangan malas untuk berkomunikasi dengannya.

Jika sikapnya mengganggu Anda, maka jangan ragu untuk bertanya mengapa dia mudah cemburu. Inilah salah satu bentuk komunikasi yang dapat Anda lakukan. Perlu diingat, jangan memendam. Jika Anda penasaran, tanyakan. Apalagi jika Anda dan pasangan memang bertekad untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Ketika berbincang dengannya tentang masalah ini, maka Anda harus berusaha untuk bersikap dewasa. Jangan melulu menyalahkan dia karena sikap cemburunya.

Mungkin saja dia memiliki sifat seperti itu karena Anda tidak terbuka, selalu menyembunyikan sesuatu dan mungkin Anda jarang menghubunginya juga. Jadi, intropeksi dan komunikasi adalah salah satu kunci untuk meenghadapi cowok cemburuan.

3. Lebih perhatian

Jika pasangan Anda adalah cowok yang mudah cemburu, maka dia akan menunjukkan sikap yang selalu gelisah, tidak merasa aman, dan mungkin posesif terhadap Anda.

Hal ini bisa terjadi karena Anda kurang menunjukan perhatian padanya. Misalnya saja, Anda lebih sering pergi bersama teman-teman daripada dengannya dan Anda jarang membalas pesannya.

Oleh sebab itu untuk menghadapi cowok cemburuan yang perlu Anda lakukan adalah berilah perhatian kepadanya. Rayakan surprise untuk anniversary atau ulang tahunnya. Cobalah sesekali telpon dia tiba-tiba dan katakan bahwa Anda sayang padanya. Hal ini tentu akan membuat rasa gelisah dan tidak amannya berkurang.

Selalu ingat bahwa bumbu-bumbu romantis itu memang perlu disampaikan walau mungkin hubungan yang Anda jalani sudah cukup lama. Hal ini agar hubungan Anda tetap awet dan selalu seperti pasangan baru.

4. Bersikap tegas

Jika Anda sudah melakukan ketiga hal di atas, namun dia masih saja cemburu dan posesif pada Anda maka hal yang selanjutnya dapat Anda lakukan adalah bersikap tegas. Jelaskan bahwa cemburu dia tidak beralasan. Sampaikan juga bahwa hal itu membatasi gerak-gerik Anda dan pergaulan Anda hanya membuat Anda tidak bahagia.

Jika Anda sudah berusaha untuk meyakinkan dia, memperkenalkan dia pada lingkungan Anda, memberi perhatian lebih tetapi dia tidak pernah berubah maka ini adalah salah satu contoh bahwa dia tidak memiliki rasa percaya pada Anda. Padahal salah satu kunci dari suatu hubungan yang sehat adalah rasa saling percaya satu sama lain.

5. Berikan dia waktu untuk intropeksi

Jika sikapnya sudah melalui batas dan mengganggu aktivitas Anda padahal Anda juga sudah berusaha mengintropeksi diri Anda sendiri, maka sekarang adalah saat yang tepat untuk memberikan dia waktu untuk berintropeksi.

Lakukan hal ini jika memang Anda sudah melakukan keempat hal yang telah disebutkan di atas dan jadikan langkah ini sebagai langkah terakhir agar dia sadar.

Pause dulu komunikasi dengannya dan jangan dulu bertemu dengannya. Biarkan dia berpikir secara dewasa bahwa apa yang pasangan Anda lakukan terhadap Anda adalah hal yang tidak dewasa. Biarkan dia berpikir sendiri dan memperbaiki apa yang telah dilakukannya pada Anda.

Cemburu adalah hal yang wajar, tetapi cemburu yang terlalu berlebihan hingga mengganggu dan membatasi gerak Anda adalah hal yang sangat tidak sehat dalam suatu hubungan.

Penutup

Itu tadi adalah 5 cara menghadapi cowok cemburuan. Lakukan cara di atas secara bertahap dan perlahan. Amati apakah sikapnya berkurang atau tidak.

Cemburu memang pasti pernah terjadi dalam setiap hubungan, tanpa ada cemburu maka rasa sayang patut dipertanyakan. Tetapi cemburu yang berlebihan hingga posesif bukan merupakan tolak ukur hubungan sehat.

Artikel Terkait: