7 Cara Menghargai Diri Sendiri Agar Hidup Lebih Bahagia

Ilustrasi menghargai diri sendiri

Tidak ada manusia yang persis sama di dunia ini, baik secara fisik maupun karakter. Tiap orang memang diciptakan berbeda-beda. Mereka memiliki kecantikan tersendiri dan pribadi yang unik untuk masing-masing individu, bahkan untuk orang yang kembar.

Hal inilah yang dapat menjadi alasan bagi Anda untuk menghargai orang lain dan yang paling penting adalah menghargai diri kita.

Salah satu langkah awal untuk menghargai orang lain adalah dimulai dengan menghargai diri sendiri terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan apa yang keluar dari mulut kita dan bagaimana kita bersikap adalah cerminan dari dalam diri kita.

Dengan demikian, ketika kita meremehkan dan tidak respek pada orang lain, ada kecenderungan bahwa ada yang belum selesai dengan diri kita sendiri. Berikut ini beberapa cara menghargai diri sendiri yang dapat Anda terapkan mulai sekarang.

1. Ketahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri

Langkah awal menghargai diri adalah dengan memilah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Kelebihan tersebut merupakan potensi mendasar yang belum tentu dimiliki orang lain.

Juga merupakan modal Anda untuk menjalani kehidupan. Kelebihan tersebut dapat berupa skill, kepribadian positif hingga fisik yang Anda miliki.

Selain kelebihan, ketahui juga kekurangan Anda dan atur strategi bagaimana cara menutupi kekurangan dengan kelebihan yang Anda miliki. Tidak perlu menghilangkan kekurangan.

Namun, atur saja agar Anda dapat menekan seminimal mungkin kekurangan tersebut dengan pengembangan potensi kelebihan di segala hal yang ada pada diri Anda.

Baca juga: 9 Cara Sederhana Meningkatkan Percaya Diri dalam Bergaul

2. Kenali batas kemampuan diri

Setelah mengenal sisi positif dan negatif yang Anda miliki, cara selanjutnya untuk menghargai diri sendiri adalah dengan mengetahui batas kemampuan Anda. Kenali lebih dalam kepribadian dan skill yang Anda miliki, termasuk mungkin fisik yang ada.

Dengan mengetahui batasan tersebut, maka Anda akan dengan mudah menentukan target tujuan yang sesuai dengan kelebihan, kekurangan dan batasan yang ada. Sehingga dengan begitu Anda dapat menetapkan strategi perang dan mengatasi segala aral melintang.

Selain itu, mengetahui batasan dan kemampuan menetapkan target sesuai batasan akan membuat Anda tidak terlalu memikirkan respons orang lain. Mengapa? Karena Anda sendiri yang tahu seberapa besar kemampuan Anda dan di mana Anda dapat mengalokasikan kemampuan tersebut.

3. Kembangkan potensi diri

Mengembangkan potensi diri merupakan salah satu langkah dalam usaha Anda untuk menghargai dan berdamai dengan diri sendiri. Setelah mengetahui kelebihan, kekurangan dan batasan, mengembangkan potensi diri akan membuat Anda tetap eksis di dalam kehidupan. Tak hanya itu, Anda juga akan menjadi pribadi yang semakin positif dan bersinar.

Ikuti pelatihan yang sesuai dengan kemampuan Anda, baik itu di lingkungan sekolah, kampus, atau tempat kerja. Sehingga Anda akan mendapatkan lingkungan baru yang mungkin lebih sesuai dengan karakter Anda.

Efek positif lainnya, Anda akan menemukan orang-orang yang satu frekuensi dengan Anda dan dapat berbagai segala permasalahan yang mungkin juga kurang lebih sama.

4. Cintai diri sendiri

Mencintai diri sendiri adalah salah satu cara yang efisien menghargai diri sendiri. Langkah awalnya adalah dengan memahami masalah mendasar yang mengganggu diri kita. Baik dari sisi psikologis, mental, maupun fisik.

Membiarkan semua seakan baik-baik saja hanya akan menimbulkan ketenangan sesaat. Karena itu, jangan abaikan problem solving untuk mengatasi masalah yang ada.

5. Maafkan kesalahan di masa lalu

Berdamai dengan diri sendiri dengan memaafkan kesalahan yang telah lalu juga merupakan cara untuk menghargai diri kita. Perjalanan setiap orang untuk proses pendewasaan dan menjadi individu yang lebih baik memang berbeda-beda.

Tidak ada faedahnya untuk mengungkit atau mengingat kesalahan di masa lalu. Majulah ke depan dan berdamai dengan diri sendiri. Love yourself!

6. Hindari membandingkan diri dengan orang lain

Berhentilah untuk membandingkan apa yang Anda miliki dengan orang lain. Melihat apa yang orang lain miliki itu tidak akan ada habisnya, hanya menambah iri, dengki dan prasangka yang tidak berguna.

Berhentilah membandingkan rumput tetangga dengan rumput Anda. Mulailah untuk merawat rumput Anda sendiri. Berdamailah dengan diri Anda sendiri setiap saat dan setiap waktu.

Jika Anda merasa kesulitan untuk tidak melihat orang lain, terlebih di era kemajuan teknologi ini, cobalah mengambil langkah untuk berpuasa media sosial. Pasalnya, ada beberapa media sosial yang dinilai kurang baik untuk kesehatan psikologis.

Oleh sebab itu kurangi intensitas untuk menggunakan medsos Anda dan mulailah hidup di dunia nyata. Anda akan menemukan hidup Anda lebih nyaman dan damai.

7. Bersyukur

Memupuk sifat menerima ketetapan (qana’ah) dan bersyukur adalah tahapan yang paling tinggi dalam upaya menghargai diri sendiri. Banyak orang yang merasa tidak puas setiap kali melihat orang lain yang lebih darinya, umumnya dari segi fisik atau materi.

Maka dari itu rasa syukur akan dapat membuat Anda lebih mencintai diri sendiri. Bahkan juga menghilangkan rasa iri dan dengki terhadap orang lain.

Demikianlah 7 cara menghargai diri sendiri untuk menjadi individu yang lebih baik, lebih bahagia dan nyaman secara personal. Jika Anda sudah melakukan hubungan baik dengan diri sendiri, berhubungan dengan orang lain akan terasa lebih mudah dan tanpa beban.

Jadi, selalu sediakan waktu untuk diri sendiri untuk kembali bahagia, merefresh pikiran, dan menjadi pribadi yang lebih tenang serta positif. Selamat mencoba!

Artikel Terkait: