7 Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

By | Category: Finansial
Menghasilkan uang dari YouTube

Anda seorang karyawan yang perlu uang tambahan untuk kehidupan sehari-hari? Jika ya, setidaknya ada puluhan ide usaha yang dapat Anda coba untuk menghasilkan uang tambahan tersebut. Salah satunya adalah melalui akun YouTube.

Melalui akun ini, Anda akan memiliki kesempatan meraup banyak uang tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar. Meskipun begitu, dengan internet Anda juga perlu waspada akan adanya tipuan atau scam. Penipuan tersebut memungkinkan Anda untuk melakukan pekerjaan sia-sia hingga tidak dibayar.

Semua pekerjaan pada dasarnya memerlukan kerja yang keras dan juga disiplin. Begitu pula dengan pekerjaan yang ditempuh melalui akun YouTube. Kedisiplinan dan kesetiaan menjadi inti dari kualitas dan kuantitas video yang akan Anda hasilkan.

Jika Anda melakukannya secara kontinyu, tentu saja pundi-pundi uang akan terus mengalir ke rekening. Berikut ini beberapa cara menghasilkan uang tambahan dari YouTube secara mudah dan efisien.

1. Buat channel YouTube

Membuat akun YouTube dan channelnya tentu saja merupakan langkah awal untuk meraup uang dari YouTube. Tentukan nama yang baik dan mudah diingat. Selain itu rencanakan juga konsep apa yang hendak Anda jadikan prioritas sebagai tema konten channel Anda.

Misalnya saja, Anda ingin membuat channel mengenai tutorial atau DIY, konsep art atau ilustrasi. Bahkan yang populer adalah tayangan list atau peringkat sesuatu. Tips yang dapat dilakukan adalah upload video yang bersifat abadi, tak pernah lekang atau kadaluarsa untuk ditonton. Misalnya video lucu, tutorial atau musik.

Sebagai catatan, jika Anda memiliki email yang sudah digunakan sebagai blogspot, ada baiknya Anda menggunakan akun email berbeda untuk channel YouTube Anda.

2. Upload video original secara kontinyu

Untuk menghasilkan uang dari YouTube, tentu saja Anda perlu mengupload video kreasi Anda secara kontinyu sebanyak mungkin. Jangan biarkan channel Anda mati suri. Perhatikan juga kualitas video Anda, harus bagus secara teknis visual dan berisi, sehingga dapat menarik banyak penonton.

Teknik khusus yang perlu diperhatikan adalah membuat judul video yang akan menarik dengan kandungan kata kunci yang memang banyak dicari agar video Anda memiliki kesempatan untuk dipilih dan dilihat.

3. Monetasi channel dengan iklan Google Adsense

Memonetasi channel dapat dilakukan dengan memilih menu informasi akun (account information) yang berada di sebelah kanan dan kemudian klik thumbnail creator studio. Setelah itu di menu sebelah kiri pilih channel dan klik status and features. Langkah terakhir adalah pilih enable monetization dan aktifkan bagian agreement.

Setelah melakukan proses monetasi, tahap selanjutnya adalah melakukan associate dan approved AdSense pada akun YouTube Anda. Jika sudah begitu, nantinya akan terdapat fitur berupa YouTube Analytic berfungsi untuk melakukan tracking pada pemasukan Anda. Ini dapat dibayarkan jika Anda sudah melengkapi bagian YouTube payment threshold yang sudah tersedia.

Ada baiknya ada mencari waktu yang tepat untuk menayangkan AdSense. Meskipun hanya dengan 3 video saja Anda sudah bisa mengkaitkan channel dengan AdSense, namun akan lebih baik jika menayangkan iklan AdSense ketika koleksi video sudah banyak dan view juga sudah berlebih.

4. Optimasi video

Optimasi video merupakan salah satu cara paling penting dalam menghasilkan uang dari YouTube. Beberapa tahapan yang dapat dilakukan pada poin ini antara lain:

  • memilih nama file dan judul yang tepat dengan kata kunci agar mendapat ranking terbaik di pencarian YouTube
  • memberikan desripsi yang juga menarik dan relevan dengan kata kunci
  • menambahkan tag yang juga relevan
  • menggunakan thumbnail yang menarik
  • menambahkan anotasi atau teks mengambang di tampilan video saat ditonton

Anotasi yang dicantumkan dapat berupa ajakan untuk subscribe,  like, share hingga mengajak viewer untuk memberikan komentar.

5. Tingkatkan jumlah subscriber

Cara untuk meningkatkan subscriber adalah dengan mempromosikan channel Anda. Selain mengajak viewer untuk menjadi subscriber di YouTube channel, Anda juga dapat mempromosikan channel di media sosial lain seperti facebook maupun twitter. Subscriber yang banyak dakan meningkatkan peluang Anda untuk mendapat penghasilan menjadi lebih besar.

Jika Anda sudah memiliki fanbase dari membludaknya subscriber, tahapan selanjutnya adalah Anda dapat melakukan live speaking. Bisa berupa meet and greet agar komunitas semakin bertumbuh.

6. Ajak sponsor

Tahap selanjutnya setelah meningkatkan jumlah subscriber adalah menarik sponsor. Akan lebih mudah bagi pihak sponsor untuk mendanai channel Anda karena memang Anda sudah memiliki fanbase yang tetap.

Sehingga ketika Anda mengadakan meet and greet di lapangan, Anda juga dapat melakukan promosi produk sponsor yang memang berkaitan dengan konten Anda pada para subscriber.

7. Menjual video

Tips terakhir untuk menghasilkan uang dari YouTube adalah dengan menjual video yang Anda miliki ke website komersial. Webste tersebut memang menyediakan sarana untuk para video maker menjual hasil karya mereka.

Itulah beberapa cara menghasilkan uang dari YouTube yang dapat Anda lakukan. Perlu diketahui bahwa tidak sembarang konten dapat Anda jadikan bahan untuk video channel YouTube Anda.

Jadi, hindari membuat konten eksplisit yang memiliki kemungkinan melanggar peraturan yang sudah ditetapkan oleh pihak YouTube. Selain itu, jangan melakukan plagiasi konten karena kecurangan dapat ditangkap oleh pihak YouTube sehingga membuat Anda terkena sanksi.

Artikel Terkait: