10 Cara Alami Meningkatkan Kesuburan Wanita

By | Category: Kehamilan

Meningkatkan kesuburan wanita

Kesuburan merupakan salah satu faktor penting dalam kehidupan wanita dan dalam siklus kehidupan. Hal ini dikarenakan kesuburan merupakan pendukung kehamilan yang memiliki peran utama untuk meneruskan generasi manusia.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kesuburan kaum hawa baik secara alami maupun non-alami. Berikut ini 10 cara meningkatkan kesuburan wanita secara alami yang dapat Anda lakukan dalam keseharian.

1. Mengonsumsi makanan peningkat kesuburan

Banyak makanan yang dapat meningkatkan kesuburan antara lain adalah dairy product (susu, keju, yoghurt), sayuran dan buah yang berwarna cerah, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, ayam dan telur.

Anda juga dapat meningkatkan kesuburan dengan mengonsumsi banyak ikan yang kaya akan kandungan omega 3. Kandungan minyak ikan dapat mengurangi dampak resiko keguguran bagi wanita. Bagi laki-laki juga berperan untuk meningkatkan kualitas sperma.

Selain makanan alami, Anda juga dapat mengonsumsi multivitamin penambah kesuburan. Suplemen atau multivitamin yang mengandun vitamin B12, asam folat dan selenium sangat dianjurkan karena selain menambah kesuburan juga berfungsi untuk meningkatkan kesehatan.

2. Hindari kafein

Selain mengonsumsi makanan peningkatan kesuburan, Anda juga perlu menghindari makanan yang menjadi penghambatnya. Salah satu makanan yang perlu dihindari adalah makanan dan minuman yang mengandung kafein, misalnya kopi.

Kafein dapat mengurangi aktivitas otot yang terdapat pada tuba falopi. Bagian tersebut adalah bagian penting dalam organ reproduksi wanita yang berfungsi sebagai saluran yang membawa sel telur dari ovarium.

3. Minum cukup air

Air putih memang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.  Kurangnya asupan air putih dapat menjadi pemula terjadinya ketidakseimbangan dalam kesehatan tubuh.

Menurut penelitian, kurangnya cairan dalam tubuh dapat menyebabkan sistem reproduksi tidak memiliki energi sehingga organ vital mengalami gangguan.

Selain itu dengan meminum air sesuai kebutuhan tubuh, sistem suplai darah menuju otak menjadi lebih lancar. Kondisi tersebut akan membuat lapisan rahim pada wanita menjadi lebih kuat dan cairan serviks menjadi lebih lambat karena kualitas dan kuantitas lendir yang bagus.

4. Konsumsi air lemon

Selain mengonsumsi makanan yang diperlukan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ternyata air lemon juga memiliki peranan penting dalam kesuburan wanita. Lemon kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C. Kandungan tersebut memiliki fungsi untuk peningkatan kesehatan tubuh.

Lemon memiliki sifat alkalin atau basa yang memang kontra dari rasanya yang cenderung asam. Rasa lemon memang asam, tapi saat sudah masuk ke dalam tubuh dan dicerna maka sifatnya berubah menjadi lebih basa. Organ intim wanita secara alami bersifat asam dan bersifat tidak terlalu ramah pada sperma.

Oleh sebab itu lemon dapat membuat organ intim Anda menjadi lebih basa. Sehingga menjadi lebih protektif terhadap sperma di lingkungannya yang memang cenderung asam.

5. Hindari stres

Menjaga agar pikiran tetap rileks, hati tetap tentram dan menghindari segala hal penyebab stres adalah salah satu faktor internal untuk meningkatkan kesuburan wanita.

Jika memang kesuburan Anda sedikit terganggu, tidak perlu memikirkan hal itu secara terus menerus sehingga Anda stres. Soalnya, stres dapat mempengaruhi kondisi hormon Anda dan dapat membuat kesuburan semakin tidak stabil.

6. Terapi relaksasi

Untuk menghindari stres, Anda dapat melakukan terapi relaksasi tubuh yang sangat berguna untuk program hamil. Anda dapat melakukan aktivitas yang menenangkan sebagai terapi seperti misalnya meditasi ataupun yoga.

Selain itu, salah satu cara agar cepat hamil adalah dengan memiliki waktu istirahat yang cukup. Terutama istirahat malam, sehingga tidak ada alasan bagi Anda untuk begadang atau berselancar di internet hingga dini hari.

7. Berjemur di bawah sinar matahari

Sinar matahari pagi sebelum jam 10 pagi adalah sinar matahari yang baik untuk diserap dalam tubuh. Vitamin D banyak terkandung di sinar matahari yang memiliki khasiat untuk meningkatkan hormon estrogen dan juga mengatur kadar hormone progesteron dalam tubuh.

Kedua hormon tersebut adalah hormon yang memiliki peranan penting untuk pengaturan siklus dan pembentuk konsepsi yang baik di dalam tubuh seorang wanita. Selain untuk wanita, sinar matahari juga dapat meningkatkan kesuburan pada pria.

8. Jaga berat badan ideal

Memiliki badan yang terlalu gemuk ataupun terlalu kurus dapat mengganggu kesuburan. Indeks massa tubuh yang normal adalah antara 18,5 hingga 24,9. Kurang dari itu tergolong kurus dan indeks 25 hingga 39 dianggap obesitas.

9. Akupuntur

Cara lain meningkatkan kesuburan adalah dengan menggunakan metode pengobatan tradisional berupa akupuntur. Sistem pengobatan yang berasal dari Cina ini pada intinya adalah merangsang sitem saraf dan menyalurkan energi yang dapat mengalir ke seluruh tubuh dengan baik dan benar.

Khusus untuk kesuburan, akupuntur dapat menjadi media yang meningkatkan aliran darah menuju ovarium dan uterus yang dapat merangsang terjadinya ovulasi.

10. Beraktivitas di rumah

Menambah aktivitas di rumah dapat ditempuh dengan mengerjakan pekerjaan rumah. Seorang ibu yang rajin membersihkan rumah ataupun berkebun memiliki kecenderungan untuk lebih cepat hamil.

Hal ini dikarenakan beraktivitas dapat menghentikan proses produksi insulin yang berbahaya bagi perkembangan sel telur.

Demikianlah beberapa cara untuk meningkatkan kesuburan wanita yang dapat Anda lakukan. Berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat pendukung kesehatan juga dapat menjadi pendukung kesuburan wanita.

Intinya adalah hindari makanan cepat saji yang tidak sehat dan makanan lain yang dapat menghambat kesuburan Anda. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait:

  • No Related Posts