9 Cara Sederhana Meningkatkan Percaya Diri dalam Bergaul

Ilustrasi meningkatkan percaya diri

Rasa percaya diri sangat dibutuhkan di dalam kehidupan, untuk pergaulan bahkan di dunia pendidikan dan karier. Kepercayaan diri akan lebih baik bila dipupuk sejak dini agar dapat meraih keberhasilan dan sukses di segala bidang.

Hal ini disebabkan dengan percaya diri maka pikiran akan dipenuhi dengan segala hal positif dan keyakinan untuk meraih tujuan. Begitu pun dalam pergaulan, kepercayaan diri merupakan salah satu kunci untuk memperluas jaringan sosial Anda.

Lalu bagaimana jika Anda masih kurang memiliki rasa percaya diri dan perlu meningkatkannya secara cepat? Berikut adalah 9 cara yang sederhana untuk meningkatkan percaya diri dalam bergaul yang bisa Anda praktikkan.

1. Lupakan standar orang

Banyak hal yang membuat seseorang mengalami krisis percaya diri, baik dari lingkungan sekitar atau bahkan dari keluarga dan teman sendiri. Terlebih lagi jika kita atau membandingkan diri kita dengan orang lain dan pencapaian mereka.

Untuk meningkatkan percaya diri, tetaplah berpegang teguh pada standar Anda sendiri. Hindari untuk mengikuti standar yang ditetapkan oleh orang lain.

Soalnya, tidak akan pernah waktu Anda cukup untuk memuaskan orang lain karena Anda akan merasa lelah baik lahir maupun batin.

2. Ketahui kualitas diri sendiri

Untuk menetapkan standar yang pas dengan Anda, pelajari segala kekurangan dan kelebihan yang Anda miliki. Perdalam lagi kelebihan Anda agar kekurangan Anda menjadi tidak terlalu mendominasi dan mulai mengatasi kekurangan tersebut.

Mulailah untuk menghargai diri, menerima diri apa adanya sambil terus memperbaiki diri dan menjadi versi terbaik dari diri Anda sendiri. Dengan begitu Anda akan merasa penuh secara psikologi dengan kelebihan Anda dan rasa percaya diri juga semakin meningkat.

3. Berpikir positif

Meningkatkan rasa percaya diri dalam bergaul juga dapat ditempuh dengan selalu berpikir positif. Tetapkan bahwa Anda menarik di mata semua orang, orang selalu ingin mendengarkan dan berteman dengan Anda.

Latihlah berpikir positif mengenai hal tersebut dan secara tidak langsung akan menambah percaya diri Anda.

4. Bicara perlahan

Hindari untuk berbicara terlalu cepat agar orang lain dapat menangkap apa yang hendak Anda bicarakan. Berbicara dengan intonasi yang tepat secara perlahan akan memberi kesempatan pada Anda untuk menentukan topik selanjutnya.

Terlebih jika Anda berbicara dalam sebuah presentasi atau komunitas, berhenti sesaat pada akhir pembicaraan sebelum memulai topik selanjutnya dapat membuat orang lain mencerna apa yang Anda katakan.

5. Tatap mata lawan bicara

Melakukan kontak mata dengan lawan bicara Anda dapat menambah percaya diri karena dapat menjauhkan perasaan ragu dan malu yang menyelimuti diri Anda.

Selain dapat dilakukan untuk bergaul, cara sederhana ini juga akan sangat cocok diterapkan di dunia kerja saat Anda bertemu dengan pewawancara dalam sebuah interview.

Tak hanya itu, menatap lawan bicara dapat menghilangkan perasaan takut dan was-was saat Anda berbicara di depan umum. Selain itu hal ini juga dapat mendekatkan Anda dengan audience dan meningkatkan ketertarikan mereka terhadap Anda.

6. Tersenyum

Ketika Anda merasa kurang percaya diri dan gugup, cobalah untuk tersenyum. Sebuah senyuman akan membuat kondisi psikologi Anda menjadi lebih baik. Pasalnya,  tersenyum memberikan rasa tentram di hati dan memenuhi pikiran Anda dengan efek yang lebih positif.

Selain itu,  tersenyum dapat juga:

  • membuat tubuh memproduksi hormone endorphin yang membuat lebih baik
  • meningkatkan sirkulasi darah pada wajah
  • membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri

7. Perhatikan penampilan

Menambah rasa percaya diri dalam bergaul juga dapat dipengaruhi oleh penampilan yang Anda miliki. Meskipun memiliki gaya yang sesuai dengan karakter Anda, usahakan agar Anda selalu bersih dan tampil serapi mungkin.

Memang sudah menjadi rahasia umum jika karakter dan inner beauty adalah sebuah hal yang sangat penting, namun penampilan luar kita merupakan jalan pertama yang menentukan impresi seseorang terhadap kita.

Tak ada salahnya menyempurnakan tampilan fisik agar menambah percaya diri dan memperlebar koneksi.

8. Perluas pengetahuan

Banyak cara untuk memperluas pengetahuan Anda, baik dengan membaca, mengikuti berita di dunia politik hingga entertainment atau rutin melakukan jelajah internet.

Dengan begitu Anda akan memperkaya wawasan dan topik pembicaraan yang menyenangkan saat bersosialisasi dengan orang lain sehingga selalu nyambung jika diajak mengobrol. Lancar berbicara dalam pergaulan merupakan salah satu cara menambah percaya diri.

9. Berlatih interaksi dan ikut berpartisipasi

Untuk melatih rasa percaya diri, perbanyak interaksi dan selalu ikut ambil bagian pada sebuah obrolan atau diskusi. Hindari untuk diam saja dan hanya mendengarkan orang lain bicara.

Mungkin Anda merasa tidak banyak yang dapat dikatakan atau merasa pikiran maupun pandangan Anda tidak terlalu berharga di mata orang lain.

Tapi cobalah untuk berbicara, kumpulkan keberanian, mulailah berlatih dengna teman dekat atau keluarga Anda. Jika Anda sudah terbiasa melakukannya, maka akan menjadi kebiasaan dan segalanya akan menjadi lebih mudah.

Itulah tadi langkah untuk meningkatkan percaya diri dalam bergaul yang bisa Anda lakukan. Latih terus untuk berbicara ketika berkumpul bersama teman atau melakukan diskusi kelompok hingga Anda terbiasa melakukannya.

Selalu temukan lingkungan baru, seperti misalnya komunitas yang Anda suka, untuk menjadi tempat Anda berlatih berbicara. Selamat berlatih.

Artikel Terkait: