11 Cara Menjadi Pribadi yang Lebih Baik Dari Sebelumnya

Ilustrasi menjadi pribadi yang lebih baik

Hidup pada intinya adalah sebuah proses perjalanan untuk menjadi lebih baik. Setiap orang pasti ingin menjadi lebih baik dan melakukan yang terbaik.

Hal ini terdengar mudah namun bila dilakukan ternyata banyak hambatan yang menghalangi. Meskipun demikian, siapa saja bisa memperbaiki diri dari sebelumnya.

Untuk membantu Anda menjadi pribadi yang lebih baik, berikut 11 cara yang perlu Anda lakukan.

1. Pastikan tujuan hidup

Dengan memiliki tujuan hidup maka Anda akan memiliki target dan motivasi untuk apa Anda menjalani hidup dan beraktivitas sehari-hari. Setelah itu, Anda akan menentukan langkah-langkah realistis dan menjadi fokus untuk meraih target tersebut.

Sehingga, Anda akan memiliki track record untuk mengecek perkembangan usaha Anda, tidak membuang-buang waktu untuk melakukan hal yang tidak bermanfaat dan hidup menjadi lebih terarah.

2. Niat

Niat adalah dasar untuk melakukan segala sesuatu, termasuk berubah untuk menjadi lebih baik. Perubahan adalah satu-satunya cara untuk berkembang dan meraih apa yang diinginkan.

Memiliki tekad dan niat yang kuat akan membuat Anda bersedia untuk melakukan perubahan dengan keikhlasan untuk menjalani setiap prosesnya meskipun itu tidak semudah seperti yang dibayangkan.

3.  Kenali kelebihan dan kekurangan diri

Mengenali segala kelebihan dan kekurangan diri sendiri adalah salah satu tahapan untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Buat daftar semua kelebihan, baik sifat maupun keahlian Anda miliki beserta kekurangan Anda.

Bagaimana karakter, ego dan emosi yang Anda miliki. Selanjutnya adalah bagaimana menata dan memanfaatkan kelebihan Anda serta mengatasi kekurangan yang Anda miliki.

4. Hindari banyak alasan 

Berhenti untuk menyalahkan dan mencari-cari alasan. Ketika Anda menemui kesulitan atau rintangan, berhentilah untuk menyalahkan keadaan, orang lain atau mencari kambing hitam. Lakukan evaluasi diri dan evaluasi proses yang Anda lakukan, setelah itu temukan solusi untuk mengatasi hambatan.

Pun ketika ada pihak yang member saran atau kritik, Anda perlu mendengarkan dengan pikiran terbuka. Jangan menutup diri dan mencari-cari alasan seakan alasan itulah yang menggagalkan Anda.

Baca juga: 6 Cara Menyikapi Masalah Secara Dewasa

5. Berpikiran positif

Memiliki pikiran yang positif sangat bermanfaat baik untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Untuk melakukan perubahan pribadi yang menjadi lebih baik dapat disikapi dengan tidak memikirkan hal yang buruk terlebih dahulu saat mendapatkan masalah.

Selain itu tidak perlu terpaku secara terus menerus pada sebuah masalah. Segera cari solusi atau pertolongan agar setiap masalah dapat diatasi dengan cepat tanpa menimbulkan stress yang berlebihan.

6. Kendalikan emosi

Mengendalikan emosi agar tidak menjadi pribadi yang pemarah adalah salah satu jalan untuk menjadi orang yang lebih baik. Emosi yang berlebihan dapat menjadi hal yang sangat merugikan bahkan merusak hubungan dengan sesama. Apalagi ketika Anda sedang mengambil keputusan, jangan sampai Anda emosi saat melakukannya karena orang emosi membuat pikiran menjadi tidak jernih.

Selain menahan amarah, untuk menjadi pribadi yang baik juga memerlukan karakter pemaaf, selalu berkelakuan positif, rendah hati, sopan terhadap sesama dan tidak memandang rendah orang lain.

7. Jujur

Selain menahan amarah, menjadi pribadi yang lebih baik juga dapat ditempuh menjadi orang yang jujur. Kejujuran adalah hal terbaik untuk menghadapi berbagai situasi.

Jangan pernah melakukan kebohongan karena kebohongan akan dapat melahirkan kebohongan kebohongan yang lain. Kejujuran membuat Anda menjadi sosok yang bisa dipercaya dan diandalkan oleh keluarga atau teman.

8. Tingkatkan empati

Bantu sesama dan mampu merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain adalah bentuk dari empati. Salah satu jalan agar meningkatkan empati adalah dengan menghilangkan ego di dalam diri sendiri.

Selalu tanamkan pikiran bahwa setiap orang berbeda dan memiliki keunikan serta karakter sendiri-sendiri agar Anda tidak mudah menghakimi orang lain.

Menjadi pendengar bagi orang lain akan membuat kita mendapatkan pengalaman dan belajar lebih banyak darinya. Sehingga dengan begitu akan membuat kehidupan kita menjadi lebih positif terlebih jika mereka meminta saran dan pendapat kita.

9. Hargai orang lain

Salah satu cara untuk menghargai orang lain adalah dengan tidak merendahkan dan memberikan perhatian kepada mereka. Memberikan perhatian dapat ditempuh dengan memberikan kejutan atau kado spesial bahkan ketika tidak di hari spesial atau hari ulang tahun mereka.

Memberikan perhatian kepada sesama baik saat mereka susah atau bahagia juga merupakan salah satu cara untuk menghargai orang lain dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca juga: 9 Cara Sederhana Meningkatkan Percaya Diri dalam Bergaul

10. Mulai sedikit demi sedikit

Tidak perlu terburu-buru untuk melakukan perubahan. Mulai hari hari ini dan detik ini, jangan pernah menunda untuk menjadi orang baik.

Lebih baik berjalan dengan pelan namun setiap saat daripada berlari namun berhenti karena mengalami kelelahan di tengah jalan.

Lakukan perubahan dari yang paling mudah hingga paling sulit Anda lakukan. Ubah kebiasaan Anda sedikit demi sedikit dan lakukan setiap hari secara disiplin tanpa pernah berhenti.

11. Bersyukur

Berterima kasih dengan apa yang kita miliki dan kita dapatkan dapat membuat pikiran dan sikap kita menjadi lebih positif serta memudahkan jalan kita untuk menjadi sosok yang lebih baik.

Itulah 11 cara menjadi pribadi yang lebih baik dari keadaan sebelumnya. Ingat, menjadi diri sendiri dengan mengeluarkan sisi terbaik dari dalam diri kita adalah jalan untuk menjalani hidup dengan baik.

Ditambah dengan bersikap ramah kepada orang lain dan menunjukkan karakter yang hangat. Semoga berhasil.

Artikel Terkait: