6 Jurus Jitu Agar Diterima Kerja di Perusahaan Idaman

By | Category: Tips Karier
ilustrasi agar diterima bekerja

Bekerja di perusahaan besar tentunya merupakan impian setiap orang. Akan tetapi di zaman sekarang mencari pekerjaan  tidaklah mudah. Banyak pesaing yang sama-sama ingin mendapatkan posisi kerja di perusahaan tersebut membuat kita semakin tidak merasa percaya diri.

Untuk itu perlulah diperhatikan beberapa hal yang dapat membantu Anda agar diterima pada perusahaan tersebut. Pada dasarnya keberhasilan seseorang agar mudah diterima di perusahaan besar sangat dipengaruhi terhadap kesiapan dirinya saat melamar. Mulai dari kesiapan CV, kesiapan wawancara, dll.

Tak heran, diperlukan persiapan diri sebelum Anda akan melamar pekerjaan pada perusahaan yang Anda impikan. Berikut ini 6 cara jitu agar diterima kerja di perusahaan idaman Anda.

1. Membuat CV secara detail

CV merupakan salah satu berkas yang pertama kali dilihat oleh perusahaan ketika membuka lowongan kerja. Biasanya ketika perusahaan melihat CV seseorang dan merasa tertarik maka akan menghubunginya untuk wawancara kerja. Cobalah berusaha lebih keras untuk membuat CV lebih kreatif dan juga buat secara berbeda dengan biasanya.

Tuliskan secara detail mengenai riwayat pekerjaan, skill yang Anda miliki dan juga karakteristik lainnya yang Anda miliki pada CV. Buat sedetail mungkin agar perusahaan dapat mengetahui bahwa Anda pantas diterima pada perusahaan tersebut.

Luangkan waktu buat CV sekreatif mungkin dan juga secara lengkap agar kesempatan untuk lolos ke tahap wawancara semakin besar.

2. Bersikap percaya diri

Rasa percaya diri merupakan salah satu penentu agar diterima kerja diperusahaan impian Anda. Ketika tahap wawancara tunjukkan rasa percaya diri Anda dan hilangkan semua sikap pemalu ataupun keraguan yang Anda rasakan.

Ketika Anda menunjukkan sikap percaya diri maka akan terlihat jelas kemampuan dan juga pengalaman yang Anda miliki. Denga bergitu perusahaan akan yakin untuk memilih Anda untuk bergabung dengan perusahaannya.

3. Gunakan pakaian yang sopan

Kesan pertama ketika bertemu dengan orang baru dapat dilihat dari pakaian yang digunakan. Untuk itu saat akan melakukan wawancara kerja gunakanlah pakaian yang rapih dan juga bersih.

Tak hanya pakaian saja perhatikan pula sepatu dan juga aksesoris yang akan Anda gunakan. Karena jika sampai salah kostum maka akan menjatuhkan penilaian di mata bos yang akan mewawancarai Anda.

Tips memilih pakaian yang tepat untuk wawancara kerja diantaranya yaitu pilihlah sepatu dengan warna hitam ataupun warna netral lainnya. Sedangkan untuk penggunaan aksesoris pilihlah jam tangan ataupun cincin pernikahan dan ingat untuk wanita jangan menggunakan aksesoris yang berlebihan.

Dan yang terakhir pilih jenis pakaian yang berkerah dan dikombinasikan dengan blazer, pastikan pakaian yang digunakan bersih dan rapi, jangan sampai kusut.

4. Tunjukkan kemampuan yang dimiliki

Cara jitu agar diterima kerja di perusahaan idaman Anda berikutnya yaitu tunjukkan kemampuan yang Anda miliki. Jika Anda mempunyai banyak kemampuan maka tunjukkan dan ceritakan kemampuan yang Anda miliki.

Mempunyai kemampuan yang bermacam-macam akan membuat Anda menjadi salah satu aset berharga yang dimiliki perusahaan untuk itu coba tunjukanlah kemampuan yang Anda miliki.

Beberapa kemampuan yang paling dibutuhkan oleh perusahan-perusahan besar diantaranya yaitu dapat berbicara bahasa asing dan juga dapat berkomunikasi dengan baik.

Seseorang yang mempunyai kemampuan berbicara bahasa asing akan mempunyai peluang lebih besar diterima perusahaan. Selain itu seseorang yang dapat berkomunikasi dengan baik sangat diperlukan oleh perusahaan.

5. Gunakan social media secara benar

Mungkin sebagian orang tidak mengetahui bahwa social media sangat mempengaruhi diterima atau tidaknya seseorang di perusahaan. Jika Anda merupakan orang yang gemar menggunakan social media maka berhati-hatilah menggunakannya.

Gunakan etika yang baik ketika menggunakan social media, jangan pernah melakukan kejahatan online seperti halnya cyber bullying ataupun hal lainnya.

Tanpa Anda sadari bahwa saat ini banyak sekali perusahaan yang memilih pegawainya dengan cara mencari informasi melalui social media. Mulai dari facebook, instagram, twitter dan social media lainnya.

Dari social medialah perusahaan bisa menilai sikap dari calon pelamar kerjanya. Untuk itu pastikan agar Anda menjaga sikap ketika akan menggunakan social media.

6. Lakukan riset terlebih dahulu mengenai wawancara pekerjaan

Banyak sekali pelamar pekerjaan mengalami kegagalan pada tahap wawancara. Hal ini dikarenakan dengan berbagai alasan mulai dari cara berkomunikasi yang tidak baik, gagap saat menjawa, kebingungan, dll.

Untuk itu ketika Anda dipastikan lolos menuju tahap wawancara maka lakukan riset terlebih dahulu mengenai wawancara pekerjaan. Coba cari mengenai pertanyaan yang biasanya akan muncul ketika wawancara kerja.

Anda dapat mencoba mencari di internet mengenai pertanyaan interview dan jawabannya. Selain itu Anda juga dapat menyiapkan beberapa pertanyaan jika nantinya perusahaan meminta Anda untuk menanyakan sesuatu mengenai perusahaan. Anda dapat mencoba menanyakan ekspektasi manajer terhadap diri Anda jika nantinya Anda diterima diperusahaan tersebut.

Dengan mengetahui beberapa jurus jitu di atas maka peluang untuk memasuki perusahaan besar akan terbuka dengan lebar. Cobalah untuk membuat perusahaan terkesan ketika pertama bertemu Anda.

Berikanlah yang terbaik kepada setiap kesempatan yang datang menghampiri kita. Tanamkan tekad dan bekerja dengan keraslah agar diterima kerja di perusahaan.

Artikel Terkait: