8 Kiat Jitu untuk Bangkit Setelah Kena PHK

Ilustrasi kena PHK

Dalam dunia kerja tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah PHK. PHK atau pemutusan hubungan kerja merupakan hal yang paling ditakuti oleh setiap pegawai.

Semua orang tentunya tidak ingin terkena PHK. Apalagi ketika terkena PHK dan kita tidak mempunyai uang tabungan yang cukup untuk menunjang kebutuhan hidup.

Dalam situasi tersebut pastinya Anda akan mengalami putus asa dan depresi sehingga banyak sekali dampak buruk yang akan disebabkan oleh PHK. Berikut ini 8 kiat jitu untuk membantu Anda bangkit setelah kena PHK.

1. Berpikirlah secara jernih

Pada saat terkena PHK tentunya hal yang dirasakan yaitu putus asa, depresi dan berbagai pikiran negatif lainnya. Solusi untuk menghindari hal tersebut yaitu berpikirlah secara jernih.

Berpikirlah bahwa PHK bukan akhir dari segalanya, PHK merupakan rencana Tuhan untuk memberikan pekerjaan yang lebih baik. Berpikirlah secara jernih dan pikirkan cara untuk mendapatkan pekerjaan baru.

Jika Anda merasakan kecewa, sedih dan juga putus asa, hal tersebut wajar dirasakan ketika Anda terkena PHK. Tetapi Anda juga tidak bisa larut dalam keadaan tersebut maka jernihkan pikiran kemudian susun kembali strategi untuk ke depannya.

Gunakanlah waktu luang semaksimal mungkin dan segera buat rencana untuk mendapatkan pekerjaan baru. Tetap semangat dan bangkit kembali.

2. Gunakan dana pesangon secara optimal

Kiat jitu untuk bangkit setelah kena PHK yang kedua yaitu gunakan dana pesangon secara optimal. Ketika seseorang terkena PHK maka perusahaan akan memberikan dana pesangon untuk tunjangan hidup pegawainya.

Meskipun pada kenyataannya dana pesangon tidak selamanya besar, besarnya dana pesangon bermacam-macam disesuaikan dengan gaji pokok dan juga masa kerja karyawan diperusahaannya.

Tips untuk menggunakan dana pesangon secara optimal yaitu gunakan secara bijak. Perhatikan besaran dana pesangon yang diterima, kemudian pengeluaran bulanan yang biasa dikeluarkan dan juga sisa utang yang dimiliki.

Setelah itu aturlah dana pesangon untuk memenuhi biaya bulanan dan juga untuk melunasi utang. Gunakan uang pesangon secara terencana dan pikirkan baik-baik.

3. Atur kembali kehidupan

Pada saat terkena PHK sering kali orang merasakan depresi dan pada akhirnya melakukan hal-hal buruk. Hal tersebut haruslah dihindari, justru ketika Anda terkena PHK jadikanlah peluang emas untuk mengatur kembali kehidupan.

Atur kembali masa depan dan coba motivasi diri agar semangat kembali untuk meraih mimpi. Lakukan hal yang merupakan minat Anda kemudian maksimalkan potensi diri Anda. Rencanakan hal apa saja yang akan dilakukan setelah terkena PHK dan pastikan melakukan kegiatan yang bermanfaat.

4. Terima keadaan dan bangkit kembali

Kiat jitu untuk bangkit setelah kena PHK yang keempat yaitu menerima keadaan dan bangkit kembali. Terkena PHK memanglah hal yang buruk dan menyedihkan, akan tetapi Anda tetap harus bisa menerima keadaan tersebut.

Anda harus dapat menerima keputusan dari perusahaan meskipun hal tersebut bukanlah kemauan Anda. Terimalah kenyataan pahit tersebut kemudian bangkit kembali untuk memulai perjalanan meraih kesuksesan.

5. Atur pengeluaran bulanan

Pola hidup yang telah terbiasa tercukupi tentunya akan terasa berbeda ketika Anda terkena PHK. Oleh karena itu, Anda perlu mengatur pengeluaran bulanan.

Atur kembali pengeluaran bulanan Anda dengan memprioritaskan kebutuhan pokok dan kesampingkan hal-hal yang bukanlah kebutuhan seperti belanja baju, berlibur, dll. Tetapkan target bulanan Anda atur seminimal mungkin sebelum Anda mendapatkan pekerjaan yang baru, belajarlah untuk menghemat.

6. Asah skill yang dimiliki

Ketika Anda sudah tidak menjadi lagi pegawai maka janganlah putus asa. Lakukan lah hal-hal positif. Asah terus skill yang Anda miliki, kemudian kembangkan kemampuan, pengetahuan dan juga talenta yang dimiliki.

Karena hal tersebut dapat menjadi aset untuk Anda mendapatkan pekerjaan yang baru. Dengan mengasah skill yang dimiliki maka mungkin saja Anda mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih baik dari pekerjaan sebelumnya.

7. Jangan menyalahkan diri sendiri

Banyak sekali orang yang terkena PHK menyalahkan diri sendiri, terutama wanita. Biasanya wanita bertanya-tanya apakah kesalahan dirinya hingga terkena PHK.

Ketika Anda terkena PHK jangan pernah menyalahkan diri sendiri, karena PHK merupakan kebijakan perusahaan yang telah ditentukan. PHK bukanlah kesalahan dari diri Anda dan juga bukan karena kinerja Anda yang buruk.

8. Minta dukungan dari keluarga

Dukungan dari kelurga merupakan hal yang paling ampuh untuk menguatkan diri ketika terkena PHK. Ketika Anda dikeluarkan dari pekerjaan maka jangan sungkan untuk bercerita kepada keluarga ataupun kerabat Anda.

Salah satu cara terampuh menghilangkan rasa putus asa dan depresi yaitu mendapat dukungan dari orang-orang terdekat Anda. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih santai dan dapat berpikiran jernih kembali.

Demikianlah 8 kiat jitu untuk bangkit setelah kena PHK. Ingatlah selalu pepatah sedia payung sebelum hujan, persiapkan segalanya jikalau nantinya Anda terkena PHK. Mulailah atur pengeluaran Anda dan lakukan penghematan.

Jika Anda terkena PHK janganlah terpuruk dan selalu ingat bahwa PHK bukan akhir dari segalanya. Jadikanlah PHK sebagai pelajaran hidup dan terima semuanya dengan tenang. Selalu semangat untuk bangkit kembali!

Artikel Terkait: