6 Manfaat Menjadi Diri Sendiri Apa Adanya

manfaat menjadi diri sendiri

Menjadi seseorang yang bukan diri Anda menunjukan bahwa Anda takut untuk dihakimi orang lain, takut diejek dan dicibir, atau selalu memaksakan diri untuk menjadi seseorang yang sesuai harapan orang lain.

Akan sangat melelahkan jika Anda terus memakai topeng ketika bersosialisasi. Selain itu, tidak menjadi diri sendiri juga dapat membuat Anda tidak mencintai diri sendiri.

Alhasil, Anda akan malas untuk merawat diri, tidak memiliki batasan, dan akan sulit untuk memaafkan diri. Padahal menjadi diri sendiri banyak manfaatnya lho. Berikut ini 6 manfaat menjadi diri sendiri apa adanya.

1. Menarik orang yang tepat ke dalam hidup Anda

Ketika Anda menjadi diri sendiri, maka sudah tentu apa yang Anda sampaikan, lakukan dan katakan akan sama dengan apa yang ada dalam diri Anda. Jika kita jujur pada diri dan tidak berusaha untuk memenuhi harapan orang lain, maka orang yang masuk ke kehidupan kita juga akan memiliki karakter yang sama.

Apa yang kita pikirkan dan lakukan maka orang-orang tersebut akan berpikiran sama. Hal tersebut seperti sebuah pepatah yang berbunyi, “burung yang sama akan berkumpul dengan kelompoknya.” Jika hal ini terjadi pada Anda, maka Anda tentu akan lebih nyaman dan bahagia.

2. Mampu membuat keputusan dengan baik

Manfaat menjadi diri sendiri berikutnya adalah tentu secara tidak langsung Anda akan mencintai diri sendiri. Dengan begitu, ketika Anda dihadapkan suatu masalah maka Anda akan dapat membuat keputusan yang baik untuk diri sendiri juga.

Ini bukan berarti diri Anda egois, tetapi Anda menjadi orang yang tidak menggunakan ukuran atau standar orang lain agar Anda bahagia.

Dengan membuat keputusan yang baik untuk diri sendiri, Anda akan menjadi orang yang mempunyai tanggung jawab atas pilihan hidup. Sehingga ketika ada masalah kecil menerpa, Anda tidak akan mengeluh.

Anda berani mengambil konsekuensi. Jangan heran jika orang melihat Anda sebagai sosok yang dewasa dan berwibawa.

3. Dipercaya oleh orang lain

Seseorang yang menjadi diri sendiri berarti dia percaya pada kemampuan diri sendiri. Tidak minder jika mempunyai kekurangan dan tidak arogan jika memunyai kelebihan. Hal ini membuat orang lain juga percaya pada Anda.

Walaupun masalah selalu datang menerpa, ketika Anda percaya pada diri sendiri untuk dapat mengatasinya, maka alam bawah sadar akan mengeluarkan energi-energi positif yang membantu Anda untuk menyelesaikan masalah.

Keberhasilan menyelesaikan masalah tentu dapat menambah kepercayaan diri. Kepercayaan diri inilah yang dapat menarik orang lain untuk percaya pada Anda juga.

4. Tidak mudah tertekan

Ketika Anda menjadi diri Anda yang sebenarnya maka Anda tidak perlu membuktikan apapun pada orang lain. Sehingga Anda juga tidak perlu memenuhi harapan-harapan orang lain yang digantungkan pada Anda.

Jika Anda berusaha untuk memenuhi apa yang orang ekspektasikan pada Anda, biasanya Anda belum tentu bisa melakukannya dan membuat Anda semakin tertekan.

Jangan mengharapkan pujian dari orang lain. Semakin Anda menjadi diri Anda sendiri maka akan semakin menarik Anda.

Patut diingat, manfaat menjadi diri sendiri adalah apa yang Anda lakukan akan terasa nyaman, tidak ada beban dan santai, sehingga orang lain pun juga tidak menuntut apapun dari Anda. Hidup pun akan terasa lebih nikmat.

5. Anda dapat menginspirasi orang lain

Di dunia ini, masih banyak orang yang tidak mempunyai rasa percaya diri yang tinggi, bahkan hanya untuk menjadi dirinya sendiri. Jika Anda memilih untuk menjadi diri sendiri, apapun keadaan dan  masalah yang Anda hadapi, maka seara tidak langsung Anda akan menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Dengan menjadi driri sendiri, Anda bisa mengubah hidup orang lain. Anda hanya perlu menunjukkan kepada mereka bahwa kejujuran, mengikuti kata hati dan tidak memenuhi ekspektasi orang lain adalah hal yang penting agar bisa menjadi diri sendiri. Maka dari itu, jadilah Anda dan mulailah untuk menginspirasi banyak orang.

Baca juga: 9 Cara Sederhana Meningkatkan Percaya Diri dalam Bergaul

6. Anda akan lebih bahagia

Bahagia itu masalah hati, dan standar bahagia orang itu berbeda-beda. Jangan menggunakan standar orang lain untuk menilai apakah Anda sukses atau bahagia.

Gunakanlah standar Anda sendiri, hal inilah yang paling penting ketika menjadi diri sendiri dan Anda akan merasakan banyaknya manfaat menjadi diri sendiri.

Lakukan apa yang memang benar-benar Anda impikan sejak dulu, hiduplah seperti yang selalu Anda bayangkan sebelum tidur, percaya pada diri sendiri dan jangan putus asa bila bertemu kegagalan. Jangan melakukan suatu hal yang fokus pada kebahagiaan dan kebaikan orang lain.

Rasa ingin dipuji, disanjung itu hanya sementara, tetapi Anda akan tertekan karena harus menuruti apa yang orang lain mau. Apalagi jika usaha yang Anda lakukan tidak membuat orang lain bahagia, hal ini malah mempersulit diri Anda sendiri. Oleh karena itu jadilah dirimu dan bahagialah.

Demikianlah  6 manfaat menjadi diri sendiri. Lihat lebih dalam kepada diri Anda. Coba tanya diri sendiri, apakah yang selama ini Anda lakukan hanya untuk memenuhi ekspektasi orang lain?

Tak hanya itu, apakah standar kebahagiaan Anda ditentukan oleh orang lain? Jika iya, maka Anda perlu mengenal diri lebih dalam lagi dan temukan Anda yang sebenarnya.

Artikel Terkait: