6 Tips Mencari Kerja di Job Fair

By | Category: Tips Karier
Pencari kerja di job fair

Job fair atau biasa disebut juga dengan career fair dan career expo adalah tempat yang banyak dikunjungi para job seeker. Hal ini disebabkan job fair mewadahi para pencari kerja untuk bertemu dengan perusahaan-perusahaan yang memang sedang membuka lowongan.

Walapun proses melamar kerja via internet sudah banyak dipakai, tapi pesona bursa kerja masih belum padam. Tetapi sayangnya, masih banyak orang yang belum paham betul mengenai apa saja yang harus dilakukan.

Atau apa yang ditampilkan kepada HRD perusahaan agar mampu bersaing dengan para jobseeker unggulan lainnya. Untuk membantu Anda mencari kerja di job fair, berikut ini beberapa tips yang penting Anda lakukan.

1. Jaga penampilan Anda

Saat Anda mengunjungi job fair, pasti Anda akan berdesakan dengan para pencari kerja lainnya. Suasana yang ramai, penuh, dan panas tentu dapat memengaruhi penampilan yang sudah Anda siapkan dari rumah. Bukan hanya penampilan saja, mood Anda juga akan terpengaruh dengan kondisi yang seperti itu.

Walaupun begitu, berbagai macam penyebab tadi hendaknya jangan jadikan alasan untuk tidak berpenampilan rapi. Usahakan Anda sering mengecek kerapihan dan sikap dari awal masuk hingga keluar.

Anda tidak perlu menggunakan heels atau pakaian yang membuat Anda sendiri tidak nyaman saat mencari kerja di job fair. Gunakanlah pakaian yang nyaman dan rapi agar Anda bisa lebih menjadi diri sendiri dan mood pun akan semakin baik.

2. Jaga stamina

Stamina itu penting, apalagi pergi ke tempat job fair yang kebanyakan adanya di luar kota. Perjalanan yang jauh dan melelahkan dapat menurunkan saya tahan tubuh. Seseorang yang kurang istirahat dan tidak menjaga stamina tubuh tentu dapat berpengaruh dalam proses seleksi wawancara kerja nantinya.

Ketika daya tahan tubuh menurun, maka semangat untuk mencari kerja pun juga ikut menurun. HRD pun akan berpikir dua kali untuk merekrut Anda ketika Anda tidak terlihat sehat dan kurang bergairah.

Maka dari itu, istirahat yang cukup dan makan yang teratur sangat diwajibkan. Seseorang yang terlihat sehat, semangat dan memiliki motivasi tinggi tentu akan lebih dipertimbangkan oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan karyawan.

3. Bawa backup data atau perlengkapan pendukung

Ketika mencari kerja di job fair, Anda pasti membawa perlengkapan penting seperti CV, legalisir ijazah dan transkrip. Bukan tidak mungkin jika perusahaan meminta fotokopi akte keahiran dan KTP.

Siapkan dokumen-dokumen yang memungkinkan untuk  diminta oleh perusahaan. Anda juga bisa menyiapkan copy di dalam flash disk untuk jaga-jaga.

Rapikan folder dalam flash disk Anda agar ketika perusahaan meminta softcopy data Anda tidak kebingunan untuk mencarinya. Anda juga bisa membawa laptop dengan folder yang berisikan data diri, portofolio atau keterangan tentang pendidikan terakhir Anda.

4. Perhatikan list perusahaan yang ada di job fair

Ketika Anda mengunjungi suatu job fair, maka pastikan Anda sudah mengetahui perusahaan apa saja yang terdaftar dan Anda sudah mengenal perusahaan tersebut dengan baik.

Anda juga harus tahu mengenai jenis perusahaannya. Misalkan saja perusahaan tersebut bergerak di bidang e-commerce, maka sesuaikan resume Anda mengarah ke e-commerce secara global.

Jika dalam jobfair terdapat perusahaan internasional, maka buatlah resume Anda dengan bahasa Inggris. Selain resume, Anda juga dapat menuli surat lamaran dalam bahasa Inggris, menerjemahkan ijazah dan transkrip ke penerjemah tersumpah.

Jika Anda sudah mempersiapkan hal tersebut, maka perusahaan akan menilai Anda bahwa Anda benar-benar tertarik dan niat untuk melamar pekerjaan di perusahaan internasional tersebut.

5. Tetap tenang ketika melakukan wawancara on the spot

Ketika Anda melakukan proses mencari kerja di job fair, tidak menutup kemungkinan bahwa Anda akan langsung diwawancara on the spot oleh perusahaan. Namun, wawancara di tempat memiliki keterbatasan waktu dibanding wawancara yang biasa dilakukan di perusahaan.

Anda harus memanfaatkan waktu yang sedikit itu sebaik mungkin untuk menunjukkan bahwa Anda mengalami keunggulan disbanding jobseeker lainnya. Tetapi harus Anda ingat, sampaikan kelebihan Anda secara natural dan tidak terlihat arogan.

Agar dapat melalui proses wawancara dengan lancar, baik, dan benar, yang pertama harus Anda lakukan adalah berlatih. Berlatih bersama teman dekat sangat membantu. Saling memberikan feedback, mencoba contoh pertanyaan interview, memperbaiki kekurangan dan mempertahankan apa yang sudah baik dapat menjadi pendukung proses wawancara nantinya.

Baca juga:

6. Bangun koneksi

Ketika Anda berada di job fair pasti ada ratusan bahkan ribuan orang yang sama seperti Anda sedang mencari pekerjaan. Sebenarnya membangun koneksi bukan hanya saat job fair saja, tetapi setiap saat. 

Membangun koneksi dengan orang baru dapat bermanfaat bagi Anda. Saling berbagi pengalaman, share info tentang lokasi job fair lain, hal apa saja yang harus dipersiapkan dapat membantu Anda agar lebih baik dan lebih siap untuk menghadapi jobfair-jobfair lain yang menunggu.

Itulah 6 tips mencari kerja di job fair yang mungkin dapat membantu para Anda pencari kerja. Jika Anda belum berhasil di satu job fair maka jangan pernah menyerah dan mencoba lagi. Persiapkan segala dokumen dan poin-poin di atas agar Anda bisa menjadi jobseeker yang lebih baik dari sebelumnya.

Artikel Terkait: