8 Penyebab Pengantin Baru Susah Hamil

By | Category: Pernikahan
Ilustrasi pengantin baru

Bagi pasangan yang sudah menikah, segera memiliki anak tentunya menjadi hal yang sangat dinanti-nantikan. Dengan kehadiran momongan, tentu saja akan mendatangkan kebahagiaan di dalam rumah tangga.

Namun terkadang, kehamilan tak bisa datang dengan segera seperti yang diharapkan. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan pasangan harus menunggu dalam waktu yang cukup lama untuk memiliki momongan.

Lalu, apa penyebabnya? Berikut ini 8 penyebab pengantin baru susah hamil yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Menunda Kehamilan Terlalu Lama

Saat ini banyak wanita yang menunda kehamilan untuk mengejar karier. Padahal saat wanita menginjka usia 30-40 tahun, maka peluang untuk kehamilan akan menurun. Bahkan saat wanita berusia 45 tahun, maka kehamilan hampir mungkin tidak terjadi.

Ketika wanita semakin bertambah tua, maka produksi sel telur akan semakin berkurang jumlah dan kualitasnya. Sehingga jika memang Anda sudah menemukan pasangan dan berencana untuk segera memiliki anak, maka sebaiknya jangan tunda kehamilan terlalu lama.

2. Jumlah Sel Sperma Sedikit

Tak hanya wanita, pria juga mengalami masalah pada kesuburan yang menjadi penyebab pengantin baru susah hamil. Jika kondisi sel sperma rendah atau jumlahnya kurang dari 20 juta sel sperma per ml air mani, maka akan sangat kurang dalam proses membuahi sel telur. Menurut Mayo Clinic, setidaknya ejakulasi normal harus menganduknya sekitar 39 juta sel sperma.

Seorang wanita mungkin tetap bisa hamil meskipun kondisi sel sperma pria terlalu sedikit, akan tetapi membutuhkan waktu yang agak lama. Untuk mengatasi masalah ini, segera konsultasikan kondisi Anda kepada dokter.

3. Kondisi Tubuh Terlalu Kurus

Kebanyakan wanita menginginkan tubuh yang indah dan langsing. Tak jarang hal ini membuat wanita melakukan olahraga hingga diet ketat. Namun perlu Anda ketahui jika kondisi tubuh yang terlalu kurus akan menyebabkan sulit hamil.

Kurangnya lemak di dalam tubuh dapat  memperlambat produksi hormone yang berkaitan dengan ovulasi, semisal hormone estrogen. Hormone estrogen dan testoteron yang bekerja untuk merasangan sel sperma berasal dari kolestrol.

Sehingga dengan kondisi sedikit lemak akan sangat baik untuk wanita hamil. Jika Anda ingin segera hamil, maka segera perbaiki kondisi berat badan Anda agar mencapai bentuk yang ideal.

4. Tubuh Terlalu Gemuk

Tak hanya kondisi tubuh yang terlalu kurus, namun kondisi tubuh yang terlalu gemuk juga akan menyebabkan pasangan menjadi sulit hamil. Wanita yang memiliki masalah obesitas akan sangat sulit untuk hamil.

Mengapa? Hal ini karena sel-sel lemak yang ada di dalam tubuh terlalu banyak sehingga menyebabkan produksi estrogen menjadi berlebihan.

Hal ini tentu saja akan menyebabkan ovulasi menjadi tidak teratur. Kelebihan lemak ternyata juga akan berbahaya bagi wanita yang sedang hamil karena akan beresiko mengalami keguguran.

Pada pria, jika mengalami kelebihan berat badan maka akan menyebabkan gerak sperma menjaid lambat dan jumlahnya semakin menurun. Sehingga bagi Anda yang ingin segera hamil, segera turunkan berat badan Anda.

5. Gaya Hidup Tidak Sehat

Tanpa Anda sadari, gaya hidup yang tidak sehat sangat mempengaruhi kondisi kesuburan Anda. Terutama bagi Anda yang memiliki kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi alkohol, merokok, kafein (terlalu sering), hingga sering begadang hingga larut malam.

Kurangi kebiasaan-kebiasaan tersebut jika memang Anda ingin cepat mendapatkan kehamilan. Mulailah konsumsi makanan sehat, semisal sayur dan buah setiap harinya.

Jangan lupa untuk rutin berolahraga sehingga tubuh selalu bugar. Jika kondisi tubuh fit, maka tentu saja kehamilan bisa segera datang menghampiri Anda.

6. Berolahraga Terlalu Berat

Olahraga memang memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, seandainya dilakukan dengan benar dan sesuai. Namun jika Anda melakukan olahraga yang terlalu berat setiap harinya, maka hal ini malah akan membuat Anda menjadi sulit hamil.

Soalnya, saat tubuh terla;u keras dalam berolahraga, maka tubuh akan kehilangan lemak yang mana dapat membantu dalam produksi estrogen.

Pada pria yang melakukan olahraga terlalu banyak juga bisa menaikkan suhu internal pada testis yang mana malah menyebabkan sel sperma mati. Selain itu, olahraga berat juga dapat berpengaruh pada bentuk sperma, invertilitas, dan masalah lainnya.

7. Mengkonsumsi Suplemen

Penyebab lainnya juga dapat berasal dari kebiasaan mengkonsumsi suplemen. Tak jarang saat pekerjaan banyak dan menguras tenaga, suplemen dapat menjadi penyelamat untuk membuat tubuh tetap bugar.

Namun kebiasaan mengkonsumsi suplemen terlalu sering akan beresiko pada kehamilan. Sehingga berhati-hatilah ketika mengkonsumsi suplemen. Pastikan jika suplemen yang dikonsumsi tidak akan menghambat hormone-hormon yang berkaitan dengan kesuburan.

8. Terlalu Banyak Maupun Terlalu Sedikit Berhubungan Intim

Frekuensi berhubungan intim yang pas akan membuat kehamilan cepat datang. Namun jika Anda dan pasangan terlalu banyak atau terlalu sedikit melakukan hubungan intim, maka dapat menyebabkan peluang kehamilan menurun.

Sehingga akan lebih baik untuk berhubungan intim rutin ketika masa-masa subur wanita datang. Ini akan menambah peluang Anda dan pasangan untuk segera mendapatkan kehamilan.

Nah itu tadi 8 penyebab penganti baru susah hamil yang perlu Anda ketahui. Tentu saja selalu ada solusi yang tepat dalam menangani masalah-masalah seperti ini.

Jika memang Anda dan pasangan merasa kesulitan untuk hamil, maka segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab yang sebenarnya. Sehingga nantinya akan segera ditemukan solusi yang tepat untuk menanganinya.

Artikel Terkait: