7 Tips Agar Tidak Boros untuk Mahasiswa

By | Category: Finansial
tips agar tidak boros untuk mahasiswa

Mengatur keuangan merupakan salah satu hal yang sulit dilakukan terutama oleh mahasiswa. Banyaknya kebutuhan untuk menunjang proses perkuliahan dan juga kebutuhan lainnya yang tak terduga membuat kita menjadi tidak sadar telah menghabiskan banyak uang.

Bahkan banyak mahasiswa kehabisan uang di saat sebelum waktunya uang bulanan dikirim oleh orang tua. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa yang masih diberi uang oleh orang tua haruslah bisa menghemat. Berikut ini beberapa tips agar tidak boros untuk mahasiswa.

1. Buat daftar hal yang paling diprioritaskan

Tips yang pertama yaitu buat daftar hal yang paling diprioritaskan. Sering kali kita membeli sesuatu tanpa memikirkan seberapa pentingkah barang yang akan dibeli, oleh karena itu perlulah menyusun daftarbarang yang sangat dibutuhkan.

Ketika awal bulan mendapat uang kiriman dari orang tua buatlah list barang yang sangat dibutuhkan kemudian tetapkan anggarannya. Setelah semua barang yang dibutuhkan terpenuhi, maka Anda boleh menggunakan uang sisa untuk keperluan lainnya.

Jika Anda merupakan anak kos maka prioritas utama yaitu belanja bulanan keperluan dan juga biaya makan selama bulan. Usahakan untuk menyimpan setidaknya 20% uang bulanan untuk disimpan agar jika ada keperluan mendadak Anda mempunyai uang yang telah disisihkan tersebut.

Semua hal tersebut haruslah dilakukan ketika awal menerima uang bulanan dari orang tua agar Anda dapat mudah mengatur uangnya.

2. Menabung

Tips agar tidak boros yang kedua yaitu menabung. Ketika masih SD menabung merupakan suatu kebiasaan akan tetapi seiring bertambahnya umur kita semakin malas untuk menabung.

Tak hanya anak SD, mahasiswa juga perlu untuk menabung. Menabung merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan agar tidak boros. Dengan menabung maka kita akan dipaksa untuk menghemat sehingga keuangan pun akan terkendalikan dengan baik.

Jika Anda mempunyai kebiasaan berbelanja, biasakan untuk membeli barang tersebut dengan cara menabung terlebih dahulu. Uang yang seharusnya digunakan untuk belanja dapat digunakan untuk kebutuhan yang lainnya sehingga Anda tidak akan menjadi boros.

Dengan menabung maka Anda tidak akan mengalami masa sulit setiap akhir bulan dan juga Anda akan menjadi tidak boros.

3. Hindari menggunakan jasa laundry

Jika Anda tidak tinggal dengan orang tua atau ngekos maka menggunakan jasa laundry merupakan salah satu penyebab mengapa Anda menjadi boros. Untuk mengatasinya maka hindarilah penggunaan jasa laundry.

Menggunakan laundry memang memudahkan pekerjaan akan tetapi hal tersebut membuat boros. Jika Anda tidak ingin boros maka cobalah untuk mencuci baju sediri, sempatkan lah diwaktu luang untuk mencuci baju.

4. Kurangi waktu nongkrong

Salah satu hal yang paling menyenangkan yaitu nongkrong bareng teman. Tapi sadarkah Anda bahwa nongkrong juga dapat menjadi penyebab Anda menjadi boros.

Untuk itu tips agar tidak boros yaitu kurangi waktu nongkrong. Mengurangi waktu menongkrong bukan berarti Anda harus menjauhi teman-teman. Menongkrong boleh saja asalkan Anda dapat mengontrol keuangan, jangan sampai banya mengeluarkan uang untuk hal yang tidak dibutuhkan.

5. Hindari lapar mata

Seringkali ketika kita hanya niat untuk jalan-jalan ke mall namun akhirnya melihat suatu barang dan membuat kita menjadi membelinya. Untuk itu haruslah kita menghindari lapar mata.

Ketika kita melihat barang yang menarik perhatian maka jangan langsung membelinya. Pikirkan terlebih dahulu kondisi keuangan dan kegunaan dari barang tersebut. Jangan sampai Anda boros karena hanya rasa ketertarikan terhadap barang tersebut tanpa memikirkan kegunaannya.

6. Membawa bekal makan dari rumah

Jika Anda mahasiswa yang tinggal di rumah dan tidak kos maka tips paling mudah untuk menghindari boros yaitu membawa bekal makan dari rumah. Biasakan untuk makan terlebih dahulu dirumah, kemudian bawa bekal untuk makan di kampus.

Dengan begitu Anda akan menghemat uang jajan untuk makan siang, kemudian makan malam lah dirumah. Jika Anda memerlukan uang Rp 15.000 – Rp 20.000 untuk makan siang, maka dengan membawa bekal Anda telah menghemat uang sebesar itu.

7. Menjadi freelancer

Ketika Anda tidak bisa menahan diri untuk menongkrong dan mengontrol uang maka salah satu solusinya yaitu menjadi freelancer ataupun dengan bekerja part time.

Jika Anda mempunyai waktu luang di sore hari maka cobalah untuk bekerja part-time atau Anda juga dapat mencoba untuk menjadi freelance. Saat ini banyak sekali lowongan kerja part-time maupun freelance, maka tak ada salahnya untuk mencoba bekerja part-time ataupun freelance.

Selain menambah penghasilan Anda juga mendapatkan banyak pengalaman dari bekerja part-time ataupun freelance. Akan tapi tetap harus diperhatikan ya urusan perkuliahannya meskipun telah bekerja tetap utamakan kuliah.

Ingat tujuan utama Anda saat ini yaitu belajar dan menjadi seorang mahasiswa. Jangan sampai ketika telah bekerja maka waktu kuliah Anda menjadi terganggu.

Nah itulah 7 tips agar tidak boros untuk mahasiswa yang dapat Anda lakukan. Anda tak harus mencoba melakukan semua tips tersebut, namun coba lakukan dari tips yang termudah. Jika terbiasa nantinya akan membuat Anda menjadi tidak boros.

Bagaimana tertarik bukan untuk berhenti boros dan melakukan tips tersebut? Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Artikel Terkait: