10 Tips Interview Kerja untuk Pemula

By | Category: Tips Karier
Tips interview kerja

Ada banyak cara untuk mendapatkan sebuah pekerjaan. Salah satunya adalah dengan tampil baik dan maksimal saat wawancara kerja (job interview).

Para calon karyawan yang ingin menjadi seorang pekerja di sebuah perusahaan tentunya memerlukan beberapa tahapan seperti: melamar pekerjaan, tes interview dan seleksi hingga mendapatkan pekerjaan tersebut.

Namun, pernahkah Anda berpikiran untuk mendapatkan solusi atau kiat sukses dalam interview keja untuk pemula? Ya, seorang yang masih baru, tentunya memerlukan sedikit panduan. Ini memungkinkan lancarnya proses interview hingga tidak mengulangi beragam kesalahan fatal yang dilakukan orang lain.

Agar Anda siap secara fisik, mental dan materi, maka jangan lewatkan tips interview kerja untuk pemula berikut ini.

1. Lakukan penelitian

Teliti perusahaan sebelum wawancara dan pelajari sebanyak mungkin tentang layanan, produk, pelanggan, dan persaingannya. Hal ini akan memberi Anda keunggulan dalam memahami dan menangani kebutuhan perusahaan.

Semakin banyak Anda tahu tentang perusahaan dan apa yang menjadi kepanjangannya, semakin besar peluang Anda.

Karena untuk memantapkan dan menambahkan daya jual Anda dalam wawancara, dibutuhkan pengetahuan dasar. Pengetahuan dasar ini tentunya termasuk pengetahuan tentang perusahaan yang Anda coba masuki tersebut. Anda juga harus mencari tahu tentang budaya perusahaan dan tata kerja di sana.

Baca juga: 6 Jurus Jitu Agar Diterima Kerja di Perusahaan Idaman

2. Terlihat tajam

Pilih apa yang akan Anda pakai untuk wawancara. Tergantung pada jenis perusahaan dan posisinya, gunakan pakaian wawancara terbaik Anda. Bahkan jika perusahaan memiliki lingkungan yang santai, Anda tentunya tetap harus terlihat rapi, bukan?

Cobalah untuk berdandan agar tetap percaya diri. Jika Anda merasa percaya diri, maka orang lain akan menanggapi Anda secara lebih baik. Dan ini merupakan salah satu kiat berguna dalam daftar tips interview kerja untuk pemula kali ini.

3. Bersiaplah

Bawalah sebuah folder yang berisi salinan tambahan dari resume Anda. Sebuah salinan referensi dan kertas atau berkas Anda untuk mencatat hal yang penting nantinya. Anda juga harus memiliki pertanyaan yang siap untuk ditanyakan pada akhir wawancara.

4. Datang tepat waktu

Jangan terlambat datang ke wawancara. Berikan waktu tambahan untuk tiba lebih awal dari jam yang dijanjikan. Ini memungkinkan untuk antisipasi dari beragam faktor-faktor seperti: tersesat atau wawancara sebelumnya ditunda dan selesai lebih cepat.

Masuki bangunan atau gedung tempat interview berlangsung setidaknya 10 hingga 15 menit sebelum wawancara dimulai.

5. Tunjukkan antusiasme

Sebuah aktivitas jabat tangan dan banyak melakukan kontak mata menunjukkan kepercayaan. Bicaralah dengan jelas dengan suara percaya diri, meskipun Anda mungkin merasa gugup. Ingat bahwa mental Anda akan di uji dan merupakan poin penting dalam langkah tepat sukses interview kerja untuk pemula ini.

6. Dengarkan dengan baik

Salah satu keterampilan wawancara yang paling  sering diabaikan  para pemula adalah mendengarkan. Pastikan Anda tidak hanya mendengarkan, tetapi juga membaca makna yang tersirat. Terkadang apa yang tidak dikatakan sama pentingnya dengan apa yang dikatakan.

7. Jawab pertanyaan yang ditanyakan

Calon pekerja sering tidak memikirkan apakah mereka benar-benar menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh pewawancara. Pastikan Anda memahami apa yang ditanyakan, dan dapatkan klarifikasi lebih lanjut jika Anda tidak yakin.

Anda bisa mengetahuinya dengan membeli buku seputar wawancara kerja di toko buku yang ada di kota Anda. Bisa juga dengan mencarinya di internet.

8. Berikan contoh yang spesifik

Satu contoh spesifik dari latar belakang Anda akan bernilai 50 dari sebuah cerita yang tidak jelas. Persiapkan cerita Anda sebelum wawancara. Berikan contoh yang menyoroti kesuksesan dan keunikan Anda. Perilaku masa lalu Anda dapat menunjukkan kinerja masa depan Anda.

9. Ajukan pertanyaan

Banyak orang yang diwawancara tidak mengajukan pertanyaan dan melewatkan kesempatan untuk mencari informasi yang berharga. Ketika  Anda bertanya, ini menunjukkan minat Anda pada perusahaan atau pekerjaan tersebut. Dan akan menjadi nilai positif bagi sang pewawancara.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Gugup Saat Interview Kerja

10. Perbanyak Latihan

Penting untuk tampil percaya diri dan keren untuk wawancara. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan melakukan banyak latihan wawancara sehingga Anda merasa nyaman dengan prosesnya. Ini juga merupakan syarat wajib dalam daftar tips interview kerja untuk pemula.

Semakin banyak Anda melakukan latihan maka akan semakin berkurang rasa gugup dan grogi Anda. Biasanya rasa grogi dan gugup datang karena Anda tidak terbiasa atau kekurangan materi. Oleh karena itu, persiapkan diri Anda sedini mungkin sebelum interview berlangsung.

Cara berlatih juga tidak akan terlalu sulit. Gunakan bantuan teman, saudara atau siapapun yang bisa membanu Anda. Buatlah sesi wawancara latihan yang menstimulasi otak anda agar siap dengan aktivitas wawancara yang asli nantinya.

Artikel Terkait: