6 Tips Membeli Mobil Bekas di Showroom untuk Pemula

By | Category: Finansial

Ilustrasi tips membeli mobil bekas

Pembelian mobil bekas memang membutuhkan ketelitian yang lebih dibandingkan mobil baru. Banyak isu yang beredar di kalangan masyarakat bahwa mobil bekas itu tidak awet.

Bahkan ada beberapa orang yang membeli mobil second dan membutuhkan biaya perawatan yang mana jika biaya tersebut di total sama dengan membeli mobil baru.

Namun Anda jangan menganggap remeh performa mobil bekas. Anda juga tidak perlu khawatir dan takut untuk membeli asal Anda memahami apa yang harus dilakukan ketika akan membeli barang secondhand ini.

Untuk membantu Anda memilih mobil bekas yang bagus, berikut ini 6 tips membeli mobil bekas di showroom untuk pemula.

1. Cari banyak informasi

Hal pertama yang pasti Anda lakukan adalah mencari informasi mengenai mobil yang akan Anda beli. Anda bisa mendapatkan informasi tersebut baik secara offline maupun online. Banyak sekali website yang menyediakan informasi, mulai dari spesifikasi mobil yang akan Anda beli, performanya dan bahkan harganya.

Sering membaca majalah otomatif dan berbincang santai dengan teman atau keluarga yang paham akan mekanik juga sangat membantu. Anda juga akan mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan mobil yang akan Anda beli. Anda bisa memilih mana yang sekiranya cocok dan juga pas di kantong.

Jika Anda sudah mendapat informasi, maka Anda bisa mencatatnya. Dengan mencatat Anda tidak akan lupa ketika datang ke showroom sehingga keputusan yang Anda ambil akan tepat. Jangan malas untuk mencari info karena harga mobil juga tidak murah.

2. Tanyakan asuransi mobil

Tips selanjutnya adalah tanyakan asuransi mobil. Akan menjadi nilai tambah jika mobil yang akan Anda beli memiliki asuransi. Mintalah kepada petugas showroom untuk memperlihatkan dokumen asli dan resmi yang menyatakan bahwa mobil yang akan Anda beli memang diasuransikan.

Proses balik nama akan dapat dilakukan jika dokumen dan surat jual beli telah lengkap. Jadi, ketika Anda akan melakukan pembelian mobil bekas, maka pastikan juga Anda melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Jika surat-surat tidak lengkap maka jangan ragu untuk membatalkan pembelian Anda.

3. Cari tahu sejarah mobil

Sejarah atau latar belakang mobil juga perlu Anda ketahui dan perhatikan. Jika Anda memiliki pertanyaan mendasar maka jangan ragu untuk segera menanyakan. Jangan malas untuk bertanya agar Anda tidak menyesal nantinya.

Pertanyaan sederhana seperti, rute terjauh yang pernah ditempuh, seberapa sering menggunakan mobil, apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan dan lainnya. Ketika Anda selesai dan cukup puas dengan jawaban yang diberikan, maka segeralah untuk melakukan pengecakan fisik mobil ituu sendiri.

4. Cek tampilan mobil

Mengecek tampilan mobil juga salah satu hal yang tidak boleh ketinggalan ketika akan membeli mobil bekas. Ketika Anda memeriksa bodi mobil secara detail, maka Anda juga dapat menarik kesimpulan sendiri apakah jawaban yang diberikan cocok dengan kenyataan yang ada.

Pertama, perhatikan cat mobil. Apakah cat tersebut masih mulus atau ada kerusakan. Kerusakan tersebut seperti goresan, berkarat atau bahkan penyok. Perhatikan setiap sudut mobil dan jangan sampai ada yang tertinggal.

Cek bodi dari depan ke belakang, atas bawah dan kanan ke kiri. Anda juga bisa mengajak teman atau saudara Anda agar pemeriksaan bodi lebih menyeluruh.

Selain cat, Anda juga harus memeriksa plafon mobil. Plafon atau bagian atas mobil yang bagus adalah yang masih tebal. Hal ini karena plafon akan melindungi Anda dari suhu panas yang ada di luar lingkungan mobil.

Ban juga perlu Anda cek. Apakah ban tersebut masih bagus atau sudah mulai aus. Jika ban tersebut menipis maka Anda harus mengeluarkan uang lagi untuk mengganti ban nantinya.

5. Cek mesin

Setelah Anda melihat bodi mobil, maka langkah selanjutnya adalah periksa mesin mobil. Langkah ini akan menjadi sulit jika Anda tidak atau kurang mengetahui masalah otomotif atau mesin.

Jika Anda merasa ragu maka ajaklah koneksi atau saudara Anda yang paham akan mesin. Hal tersebut tentu akan memudahkan Anda untuk mengetahui performa mesin dan mencocokkan spesifikasi dengan kebutuhan Anda.

Jangan lupa untuk memeriksa bagian kap mesin seperti pada selang-selang. Pastikan selang tersebut bersih dari karatan dan kebocoran. Buka tutup oli dan periksa apakah ada buih atau tidak. Jika ada buih maka itu adalah tanda kebocoran.

6. Test Drive

Tips selanjutnya untuk membeli mobil bekas di showroom adalah dengan mencoba mobil tersebut. Dengan melakukan test drive, Anda akan merasakan sendiri bagaimana performa gas, rem setir atau bahkan komponen tambahan lain dalam mobil seperti AC dan radio.

Jika Anda mengerem mobil pada kecepatan 50 km/jam dan Anda merasakan getaran pada pedal rem dan Anda bunyi mendecit, maka kemungkinan besar jika Anda membeli mobil tersebut Anda juga akan mengeluarkan uang untuk biaya perbaikan rem.

Itulah 6 tips membeli mobil bekas di showroom untuk pemula. Tips tersebut sangat dianjurkan untuk dilakukanketika akan membeli di showroom. Ajaklah keluarga atau teman untuk menemani Anda mengecek bagaimana kondisi mobil.

Jangan terburu-buru untuk membeli. Lakukan secara hati-hati karena mobil adalah barang yang tidak murah dan mungkin akan Anda gunakan setiap harinya.

Artikel Terkait: