7 Tips Memilih Asuransi Mobil yang Bagus untuk Mobil Baru Anda

By | Category: Finansial
Ilustrasi memilih asuransi mobil

Asuransi nyatanya tak hanya dibutuhkan untuk jiwa perorangan saja. Saat ini asuransi pun mutlak dibutuhkan untuk mobil. Terlebih jika Anda sering menggunakan kendaraan roda empat untuk mobilitas yang sangat tinggi.

Tak hanya faktor pemakaian yang tinggi, tingkat kriminalitas dan kecelakaan di jalan raya pun kadang kala tidak dapat dihindari sehingga asuransi mobil merupakan pilihan yang paling tepat untuk mengcover biaya perbaikan.

Untuk Anda yang sedang bingung memilih penyedia jasa asuransi mobil yang bagus dan tepat, jangan khawatir. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih asuransi mobil yang baik untuk mobil kesayangan Anda.

1. Sesuaikan jenis asuransi mobil dan kebutuhan

Pada umumnya asuransi mobil mempunyai dua jenis asuransi yakni all risk atau comprehensive dan asuransi TLO atau total loss only. Jaminan asuransi all risk meng-cover semua jenis kecelakaan, baik kecelakaan besar maupun kecil.

Namun begitu, Anda perlu mencermati dengan lebih detail beberapa pengecualian dan syarat yang berlaku agar tidak merugi secara keuangan.

Khusus untuk asuransi jenis TLO terdapat batas maksimal usia mobil, yaitu 15 tahun. Umumnya TLO hanya menjamin kerusakaan kendaraan di atas 75% sehingga kecelakaan kecil tidak masuk ke dalam jaminan asuransi.

Ada baiknya juga perusahaan asuransi yang Anda pilih memiliki layanan konsumen yang buka selama 24 jam. Sehingga saat kapan pun Anda membutuhkan mereka, mereka akan selalu siap membantu.

2. Teliti detail produk

Membandingkan beberapa paket asuransi dari perusahaan yang berbeda dapat membuat Anda semakin paham mengenai produk dan harga satu sama lain.

Dalam memilih produk yang baik perlu Anda perhatikan luasan jaminan, fasilitas yang didapat dan juga keuntungan yang diberikan untuk Anda. Kejelasan isi polis merupakan salah satu produk asuransi yang baik. Dengan begitu konsumen akan mendapatkan poin apa saja yang dicover maupun tidak.

Proses klaim yang mudah dan cepat juga dapat menjadi salah satu pertimbangan Anda. Saat ini banyak perusahaan asuransi menyediakan proses klaim yang telah terintegrasi dengan teknologi.

3. Lakukan riset perusahaan terkait

Sangat direkomendasikan untuk dalam memilih asuransi mobil Anda melakukan riset perusahaan penyedia asuransi terlebih dahulu.

Pastikan perusahaan asuransi tersebut terdaftar dan diakui oleh lembaga khusus yang menangani jasa keuangan yaitu OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Tentunya perusahaan yang memiliki track record yang baik haruslah diproritaskan.

Riset produk maupun perusahaan dapat Anda lakukan dengan membaca review dari perusahaan terkait dari blog, forum atau pendapat konsumen yang telah memakai produk mereka. Anda juga dapat melakukan sharing dengan nasabah yang sudah menggunakan jasa perusahaan.

4. Minta rekomendasi dealer

Dealer tempat Anda membeli mobil pasti memiliki pengetahuan yang luas mengenai perusahaan asuransi mobil terkait dengan pekerjaan mereka yang memang dekat dengan bidang tersebut.

Sehingga ada baiknya setelah membeli mobil Anda meminta rekomendasi pada mereka mengenai perusahaan asuransi yang tepat, bagus, dapat dipercaya dan memiliki track record yang baik.

Meskipun begitu, pendapat pihak dealer hanyalah salah satu dari pertimbangan setelah Anda sendiri juga melakukan riset yang telah disebutkan sebelumnya.

5. Sesuaikan dengan kemampuan membayar

Besarnya premi sebuah asuransi pastinya memiliki pengaruh yang setara dalam perlindungan dan pemberian manfaat untuk Anda. Sehingga Anda pasti akan memilih asuransi yang paling baik agar Anda mendapatkan perlindungan yang juga sangaat berkualitas.

Meskipun begitu dalam memilih asuransi mobil Anda perlu mempertimbangkan kemampuan dari keuangan yang Anda miliki. Janganlah terlalu memaksakan diri untuk membeli premi asuransi yang bernilai tinggi namun di luar jangkauan kemampuan keuangan Anda.

Hal ini dapat menyebabkan Anda mengalami masalah keuangan yang dapat menimbulkan efek domino dalam kehidupan Anda.

6. Jangan terlena dengan premi murah

Ada baiknya Anda memegang teguh pepatah yang mengatakan ada uang ada barang, terlebih untuk asuransi mobil. Jangan pernah tergiur dengan premi murah yang ditawarkan oleh perusahaan.

Teliti sebelum membeli akan lebih baik sebelum hal buruk berdampak pada uang yang sudah Anda keluarkan. Teliti apakah premi tersebut akan berpengaruh pada pengajuan klaim nantinya.

Saat ini OJK sudah menetapkan standar harga premi untuk perusahaan asuransi. Oleh karena itu, jika ada harga premi di bawah standar OJK, Anda perlu mengecek lagi dan memahami produk tersebut dan syarat yang berlaku lebih dari sekali.

Baca juga: 6 Tips Membeli Mobil Bekas di Showroom untuk Pemula

7. Ketahui jaringan persebaran bengkel

Perusahaan asuransi yang baik sudah pasti mempertimbangkan mengenai perbaikan setelah kejadian dengan menyediakan jaringan bengkel.

Pastikan jaringan bengkel tersebut memiliki kualitas dan salah satu jaringan atau cabangnya dekat dengan tempat Anda. Salah satu pertimbangannya adalah untuk memudahkan Anda dalam memproses klaim asuransi.

Selain itu, pastikan jaringan-jaringan bengkel yang tersebar tersebut memiliki standarisasi yang baik dari pihak asuransi. Untuk hal ini bisa langsung Anda tanyakan pada pihak asuransi ketika Anda hendak membeli polis asuransi tersebut.

Demikianlah rincian dari 7 tips memilih asuransi mobil yang dapat Anda jadikan referensi sebelum menentukan provider asuransi yang Anda pilih. Cermat dan teliti adalah metode yang tepat dalam memilih agar Anda tidak menyesal di kemudian hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga Anda beruntung.

Artikel Terkait: