9 Tips Memilih Laptop Gaming

By | May 26, 2018

Memilih laptop gaming

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa untuk bermain game akan lebih baik jika menggunakan PC bila dibandingkan dengan laptop. Memang pada kenyataannya dari segi ketahanan dan spesifikasi, PC memiliki lebih banyak kelebihan dan mudah dalam hal upgrading.

Namun kini banyak juga laptop yang mumpuni bila digunakan untuk urusan gaming. Laptop dengan kemampuan seperti itu dikenal sebagai laptop gaming.

Laptop gaming umumnya memiliki harga yang relatif lebih mahal karena tuntutan spesifikasi yang lebih agar mampu digunakan untuk bermain game. Urusan efisiensi dan mobilitaslah yang membuat pada gamer memilih laptop agar mudah dibawa ke mana-mana, bahkan untuk bermain game bersama teman.

Berikut ini adalah 9 tips memilih laptop gaming yang tepat agar Anda tidak menyesal karena sudah mengeluarkan banyak biaya untuk membelinya.

1. Kemampuan prosesor

Peranan prosesor tidak bisa dikesampingkan dalam pemilihan laptop gaming terbaik karena core yang dimiliki prosesor akan meringankan kinerja VGA dalam melakukan rendering. Sebagai masukkan, prosesor non ULV akan lebih baik digunakan daripada prosesor seri ULV yang tidak terlalu bagus untuk gaming.

Untuk laptop prosesor Intel, disarankan untuk memilih prosesor yang berlabel HQ ataupun MQ, misalnya i7-6700HQ dengan minimal Intel Core i5, atau jika memungkinkan i7. Sedangkan untuk prosesor AMD, akan lebih baik menggunakan A10 ataupun FX Series.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kecepatan prosesor (GHz) yang mana semakin tinggi angkanya maka akan semakin baik performa laptop tersebut.

2. Seri chipset VGA

Akan lebih baik untuk membeli laptop gaming dengan memperhatikan seri chipset VGA-nya daripada besar memory VGA. Berbeda dengan laptop grafis, video graphics array (VGA) atau VRAM memang sangat penting untuk laptop grafis tapi tidak menjadi prioritas untuk laptop gaming.

Seri VGA misalnya adalah NVidia GeForce GT 720M, maka digit pertama (7) menunjukkan tingkat generasinya yaitu generasi ketujuh. Sedangkan digit kedua dan ketiga (20) menunjukkan performanya, semakin tinggi nilainya maka akan semakin baik performanya.

Paling tidak untuk NVidia, minimal adalah NVidia GT840 atau jika memungkinkan menggunakan GTX Series seperti GTX950, GTX960, GTX970, GTX980 dan sebagainya. Sedangkan untuk AMD Anda bisa menggunakan R7 230 ke atas atau R9 series.

3. Memori RAM

Untuk memilih laptop gaming juga perlu mempertimbangan besar random access memory (RAM) pada laptop tersebut. Semakin besar RAM yang dimiliki maka akan semakin lancar laptop untuk melakukan kerja multitasking. Tidak perlu terlalu fokus pada clock speed RAM saja, tapi memori RAM juga perlu diperhatikan.

Minimal Anda menggunakan RAM di atas 4 GB dengan jenis minimal DDR3. Selain itu usahakan laptop yang Anda pilih menyediakan slot RAM tambahan agar dapat di upgrade apabila performa kurang.

4. Kapasitas hardisk

Laptop yang digunakan untuk bermain game paling tidak harus memuat spesifikasi kapasitas hardisk minimal 500 GB. Akan lebih baik jika ada uang lebih untuk mengupgrade hardisk ke kapasitas yang lebih besar.

Hal ini dikarenakan hardisk tidak hanya digunakan untuk kapasitas penyimpanan, tetapi juga memiliki fungsi untuk meningkatkan kinerja laptop Anda.

5. Kemampuan untuk upgrade

Lain halnya dengan PC yang mudah diupgrade, tidak semua komponen yang ada pada laptop dapat diupgrade. Akan tetapi sebelum membeli laptop untuk game ada baiknya memilih laptop yang mendukung upgrade komponen seperti misalnya untuk hardisk dan RAM.

6. Ukuran layar dan resolusi

Memilih laptop gaming juga perlu memperhatikan pemilihan ukuran dan resolusi layar yang memiliki efek secara langsung untuk kenyamanan mata Anda. Ukuran laptop 14” sudah merupakan standar dan lebih dari cukup.

Namun jika Anda ingin bermain game dengan pengalaman visual yang lebih menarik dan menantang, tidak ada salahnya untuk menggunakan laptop berukuran 15” atau 17”.

7. Ragam port

Beberapa varian port yang diperlukan untuk sebuah laptop gaming minimal memiliki HDMI port, D-Sub port, USB 2.0 port dan USB 3.0 port.

Jika Anda memiliki keinginan untuk menghubungkan laptop ke layar LCD TV untuk kenyamana dan layar yang lebih besar, ada baiknya untuk memilih laptop yang juga didukung oleh HDMI port dan juga D-Sub port.

Sedangkan duua port terakhir, USB 2.0 port dan USB 3.0 port, sangan efisien bila digunakan untuk memasang mouse, keyboard atau bahkan joystick untuk mendukung kenyaman bermain game.

8. Keyboard khusus

Keyboard akan menjadi salah satu komponen luar laptop yang paling sering digunakan saat bermain game. Saat ini banyak sekali keyboard laptop yang juga dilengkapi dengan backlight sehingga memudahkan para pemain untuk menggunakan keyboard saat cahaya sedikit atau gelap.

Selain itu Anda juga perlu memperitimbangkan adanya numpad yang memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengetik angka dengan cepat.

9. Garansi

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan garansi dari laptop yang hendak Anda beli. Umumnya laptop memiliki garansi hingga 1 tahun, sehingga semakin lama garansi yang ditawarkan akan lebih baik untuk Anda.

Demikianlah detail mengenai tips memilih laptop gaming yang dapat menjadi masukkan bagi Anda. Saat ini memang banyak sekali tawaran laptop gaming dengan harga dan spesifikasi yang sangat beragam.

Oleh sebab itu Anda harus bijak dalam membeli. Sesuaikan harga dengan kebutuhan agar Anda tidak mudah terbujuk rayuan penjual. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *