6 Tips Mendapatkan Investor untuk Usaha Sampingan Anda

By | Category: Finansial
Tips mendapatkan investor

Apakah Anda akan memulai usaha sampingan? Atau mungkin Anda sudah memulai usaha sampingan dan ingin meluaskan pasar?

Bagi seorang yang masih awam, memulai bisnis sampingan agar bisa bersaing memang sedikit sulit. Karena banyaknya kompetitor-kompetitor yang mungkin sudah memiliki konsumen tetap.

Ada juga seseorang yang sebenarnya memiliki daya kreativitas tinggi tapi juga banyak yang takut untuk mengambil risiko. Sebenarnya ide usaha sampingan yang Anda punya akan terbantu untuk terbentuk jika Anda memiliki investor.

Namun ada masalah lain lagi yang muncul yaitu mencari investor itu tidak mudah. Kabar baiknya, Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini beberapa tips mendapatkan investor untuk usaha sampingan Anda.

1. Buat proposal usaha

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebagai tips mendapatkan investor untuk usaha sampingan Anda adalah membuat proposal. Proposal adalah penghubung bagi perusahaan untuk mencari seseorang yang mau berinvestasi ataupun untuk melakukan pinjaman dana.

Buatlah proposal yang menarik, jelas dan tak berbelit-belit agar para investor tertarik dengan usaha Anda. Gambarkan juga permintaan pasar pada proposal Anda. Pastikan usaha yang Anda kembangkan ini mengalami pangsa pasar yang jelas, seberapa luas pasar tersebut, dari kalangan apa saja dan target usia konsumen.

Jika pangsa pasar Anda memang sudah jelas dan terperinci, maka kelangsungan usaha Anda akan aman nantinya dan investor tidak akan ragu untuk mendanai Anda.

2. Presentasi menarik dan to the point

Jika Anda selesai membuat sebuah proposal, maka tugas Anda selanjutnya adalah mempresentasikan proposal tersebut kepada para investor.

Walaupun mungkin investor telah membaca proposal tesebut, pasti masih ada beberapa hal yang belum jelas bagi mereka. Inilah kesempatan mereka untuk bertanya pada Anda.

Lakukan presentasi dengan persiapan yang matang, karena presentasi sangat berpengaruh besar pada iya tidaknya investor mendanai Anda. Buatlah slide yang tidak membosankan tetapi juga tidak berbelit-belit. Tambahkan juga animasi sehingga investor akan mudah mengerti taret-target Anda.

Selain itu, jelaskan juga mengenai prospek usaha dan manajemen keuangan Anda. Anda harus bisa menjalskan secara transparan untuk masalah dana agar investor percaya dan mau untuk berinvestasi di perusahaan Anda.

3. Rajin ikut pameran bisnis

Selain membuat proposal dan presentasi, maka langkah yang dapat Anda tempuh sebagai tips mendapatkan investor selanjutnya adalah rajin mengikuti pameran. Cara ini adalah cara yang paling ampuh untuk mendapatkan investor dan konsumen baru tentunya.

Para investor tidak akan ragu untuk memberikan dana pada Anda jika memang usaha Anda cocok dengan minatnya, mangsa pasar jelas dan konsumenpun mulai berdatangan.

Pameran banyak diselenggarakan di kota-kota besar dan biasanya diadakan di pusat perbelanjaan. Jadi, pameran bisnis seperti itu memang ada yang gratis dan ada pula yang tidak. Biasanya jika Anda mengikuti pameran skala besar, maka uang yang dikeluarkan pun dapat menjapai jutaan.

Jika Anda belum mempunyai biaya yang banyak, maka ikutilah pameran yang gratis dahulu. Jika memang belum ada investor yang minat, paling tidak Anda akan menemukan relasi bisnis baru.

4. Jelaskan resiko usaha Anda

Setiap usaha yang Anda jalani pasti memiliki yang namanya resiko. Untuk itu, resiko ini juga  harus Anda jelaskan pada investor nantinya.

Jangan menyembunyikan resiko-resiko yang Anda miliki jika Anda ingin mendapatkan tambahan modal. Setiap usaha pasti ada resiko dan masalah, bisa saja investor akan membantu memecahkan masalah tersebut.

Jika Anda menyembunyikan resiko usaha yang Anda punya, berarti Anda tidak jujur. Investor juga akan menimbang lagi jika harus berinvestasi ke perusahaan Anda. Mereka akan lebih memilih usaha yang jelas dan jujur akan resiko  daripada yang bertele-tele mengumbar prospek keuntungan dan menutup-nutupi masalah.

5. Cari jalan untuk mendongkrak pasar

Sebagai pemilk usaha, maka Anda harus memiliki ide-ide luar biasa agar dapat mendongkrak pasar yang ada. Sehingga, meskipun Anda adalah pemula dalam bisnis tersebut, Anda dapat bersaing dengan perusahaan lain yang mungkin sudah lama berdiri.

Tips mendapatkan investor selanjutnya adalah dengan berani menerapkan ide-ide kreatif agar Anda menjadi seorang pembeda, jangan takut untuk mengambil resiko.

Investor juga akan menilai bagaimana usaha Anda untuk menjadi berbeda, mereka juga akan menilai ide-ide kreatif Anda. Jika mereka cocok dengan apa yang Anda lakukan, maka tidak diragukan mereka akan berinvestasi di perusahaan Anda.

Baca juga: 6 Tips Membeli Mobil Bekas di Showroom untuk Pemula

6. Rapikan laporan neraca keuangan

Ketika investor setuju untuk menanamkan modal pada perusahaan Anda, maka investor tersebut juga berharap mendapatkan profit dari usaha Anda. Investor sebelum setuju pasti juga akan tahu dengan matang kerugian apa yang akan mereka dapat.

Investor akan melihat bagaimana mengalirnya dana melalui neraca keuangan. Oleh karena itu, sebelum investor tersebut bertemu dengan Anda, rapikanlah neraca keuangan Anda. Hitunglah dengan cermat bagaimana kas, utang, aktiva lancar dan aktiva tetap pada perusahaan Anda.

Untuk membuat proposal, laporan dan neraca keuangan memang tidak mudah. Anda perlu mendapatkan bantuan dari akuntansi handal untuk mengerjakan tugas keuangan.

Demikianlah 6 tips mendapatkan investor untuk usaha sampingan Anda. Modal memang salah satu hal penting untuk mengembangkan bisnis. Agar bisnis dapat berkembang maka biaya yang dibutuhkan juga tidak sedikit.

Untuk mendapatkan investor yang profesional maka Anda harus juga bekerja secara profesional. Semoga beruntung!

Artikel Terkait: