8 Usaha Sampingan di Rumah yang Tidak Perlu Modal Besar

By | Category: Finansial
usaha sampingan di rumah

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang tambahan. Salah satunya adalah menjalankan sebuah usaha sampingan. Namun, jika menyangkut masalah usaha atau bisnis, yang terpikirkan adalah modal, bukan?

Banyak orang yang menunda atau bahkan takut memulai usaha karena alasan ini. Hanya saja tidak semua usaha sampingan memerlukan modal yang banyak. Bahkan tak jarang ada beberapa usaha sampingan yang bisa dimulai dengan modal sedikit atau bahkan tanpa modal.

Tidak percaya? Berikut akan kami jabarkan beberapa jenis usaha sampingan di rumah yang hanya memerlukan modal yang sedikit.

1. Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar bukan hanya cara yang bagus untuk mendapatkan uang di sela-sela kegiatan harian. Tetapi juga merupakan pekerjaan yang sangat memuaskan.

Banyak siswa SD, SMP, dan SMU yang membutuhkan pengajar privat untuk pelanajaran tertentu seperti Matematika, IPA, dan bahasa Inggris. Jika Anda ahli di bidang tersebut, mengapa tidak membantu mereka agar berhasil di sekolah dengan mengadakan bimbingan belajar?

Untuk memulai les, letakkan selebaran di sekolah dan perpustakaan setempat, serta di situs online. Anda mungkin juga ingin mendaftar dengan layanan web berbasis online untuk menjadi tutor online. Setelah Anda mengajari beberapa siswa, cara terbaik untuk mendapatkan bisnis tambahan adalah melalui rujukan mereka.

2. Pengasuh dan Pelatih Anak

Begini cara kerjanya: beberapa orang tua sangat sibuk dengan tuntutan pekerjaan. Dan seringkali, anak-anak mereka kehilangan keterampilan penting seperti belajar naik sepeda, belajar atau kemampuan lainnya. Jadi orang tua yang sibuk ini menyewa seorang pelatih kehidupan anak mereka.

 Pelatih mengajarkan keterampilan penting kepada anak-anak mereka. Anda tidak perlu kredensial sterling, dan jumlah yang bersedia dibayarkan orang tua untuk seorang pelatih berkualitas luar biasa! Bahkan Anda juga bisa menghasilkan uang tambahan sebagai seorang pengasuh anak usia dini juga, loh.

3. Jual Kreativitas Anda

Apakah Anda suka menggambar atau mendesain t-shirt? Mengapa tidak mengubah kreasi Anda menjadi penghasilan besar? Apa yang bisa Anda buat dan jual? T-shirt, tas, sepatu, perangko, binder, dan banyak lagi.

Ini sangat keren dan bisa sangat membuat ketagihan dan juga menghasilkan uang bulanan tentunya. Dan sangat disarankan sebagai usaha sampingan di rumah.

4. Asisten Pribadi untuk Lanjut Usia

Orang tua memiliki waktu yang sulit untuk membersihkan rumah mereka, mendekorasi ulang, pergi ke toko kelontong, dan bahkan memasak. Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk membantu para manula dengan tugas-tugas dasar ini.

Berapa banyak yang bisa Anda hasilkan? Ya, kebanyakan manula mengawasi pengeluaran mereka dengan hati-hati, jadi rencanakan untuk mendapatkan uang setiap bulannya. Tetapi membantu beberapa senior beberapa kali per minggu setidaknya bisa menambah sedikit uang untuk anggaran Anda.

5. Penulis

Anda dapat menghasilkan uang besar sebagai penulis lepas. Terutama jika Anda masuk ke copywriting komersial (yaitu menulis untuk bisnis dan perusahaan).

Blogging juga merupakan cara hebat untuk mendapatkan uang sebagai penulis, terlebih jika Anda senang menulis dan membangun kerja sama dengan blogger-bloger mapan. Perlu diingat bahwa persaingan saat ini sangat ketat.

Jadi Anda harus berjuang dengan cara Anda sendiri jika terjun ke pasar ini. Kabar baiknya, adalah bahwa penulis yang berkualitas tidak pernah ketinggalan zaman. Ada lebih banyak penulis buruk di luar sana daripada yang hebat. Jadi jika Anda baik dan gigih, Anda akan mendapatkan pekerjaan dan penghasilan.

6. Katering

Masih ada banyak keluarga sibuk dan profesional di luar sana yang gak punya banyak waktu untuk memasak sarapan atau makan malam. Jika Anda jagoan di dapur, Anda bisa mendapatkan uang dari usaha katering. Jika Anda tidak ingin menawarkan makanan lengkap, mengapa tidak fokus pada satu hal?

Ada banyak cara untuk masuk ke bisnis katering tanpa memulai restoran skala besar. Katering rumahan misalnya, Anda bisa menawarkan beberapa jenis makanan kepada tetangga. Atau menggunakan beberapa event-event tertentu untuk memberikan pelayanan terbaik. Ini juga merupakan salah satu usaha sampingan di rumah yang banyak dilakukan orang lain.

Agar jualan makanan di beberapa event menjadi tidak ribet, Anda sebaiknya punya tenda lipat khusus jualan. Tenda seperti itu gampang Anda buka dan rapikan lagi serta mudah dibawa ke mana-mana.

7. Menjahit

Jika Anda sudah tahu cara menjahit dan Anda terampil menjahit atau mendesain pakaian, Anda bisa mengubah keterampilan ini jadi usaha sampingan yang menguntungkan. Mengapa?

Karena banyak sekali orang tidak tahu cara menggunakan mesin jahit. Anda juga bisa mendapatkan uang tambahan dengan mengajari orang lain cara menjahit dengan kelas-kelas kecil di rumah.

Lihatlah beberapa penjahit di luaran sana, ada banyak yang meraup keuntungan hanya dengan menjahit di rumah. Modal yang diperlukan hanyalah peralatan menjahit dan mesin jahit. Tentunya sebuah keahlian dan pengalaman menjahit diperlukan.

8. Jualan Bibit Tanaman

Menanam adalah salah satu jenis hobi yang bisa menghasilkan uang. Jika Anda sangat suka menanam tanaman, maka gunakan kesempatan ini untuk mendapatkan uang sampingan. Sangat mudah mengelola tanaman dan menjualnya sebagai bibit jika merupakan salah satu hobi, bukan?

Demikianlah 8 jenis usaha sampingan di rumah yang mudah dan bisa dilakukan dengan modal yang tidak banyak. Bahkan, jika Anda bisa mencoba memulainya kapan saja dan dimana saja.

Sekarang ini, kemudahan dalam menjalankan sebuah usaha sampingan ada ditangan Anda. Bergerak dan tunjukanlah kemampuan Anda!

Artikel Terkait: